Search
Close this search box.

Lima Ide Kreatif Rak Buku Anak yang Menarik

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Apakah membangun lingkungan cinta membaca menjadi salah satu impian Ayah-Bunda? Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun pojok baca untuk si Kecil. Pojok baca tersebut bisa didesain sekreatif mungkin dengan menyesuaikan bujet Ayah-Bunda. Makin menarik desain ruangannya, makin kreatif Ayah-Bunda mengemas furnitur di pojok baca, tentu akan memberikan sentuhan menyenangkan dan memotivasi minat baca si Kecil. 

 

Berikut adalah lima ide kreatif yang bisa Ayah-Bunda gunakan untuk melengkapi pojok baca di rumah.

 

Sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/8796161763752111/

Rak Terbuka/Montessori

Rak buku terbuka atau yang dikenal sebagai rak buku montessori ini didasarkan pada filosofi pendidikan Montessori. Rak buku ini memiliki tinggi yang disesuaikan dengan tinggi badan anak sehingga mereka memiliki kebebasan dan kemandirian untuk mengeksplorasi buku-buku yang mereka sukai. Rak buku jenis ini menggunakan kayu atau bahan alami lain. Selain itu, buku-buku di rak ini disusun dengan runut, misalnya diurutkan sesuai tema atau judul buku. Hal ini akan memudahkan si Kecil dalam memilih buku yang mereka anggap menarik.

 

 

 

 

 

Sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/8796161763752111/

Rak Buku Dinding 

Rak buku dinding akan memberikan kesan desain interior unik bagi pojok baca si Kecil. Kelebihan rak buku dinding adalah ruangan akan terasa lebih luas.Di samping itu, rak buku jenis ini akan lebih mudah dibersihkan. Rak buku dinding akan lebih menggugah visual si Kecil jika ditambahkan stiker dinding dengan tema yang disukai mereka.

 

 

 

 

 

 

Sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/489977634474160332/

Rak Buku Pohon

Ayah-Bunda ingin ruangan terlihat asri, rapi, sekaligus kreatif? Ide rak buku pohon ini bisa dicoba! Rak buku pohon adalah rak buku yang menyerupai pohon yang punya banyak dahan. Si Kecil bisa meletakkan buku atau mainan kesukaannya di setiap dahan pohon. Rak jenis ini menciptakan suasana alam yang menyenangkan dan membuat si Kecil betah berlama-lama membaca buku. 

 

 

 

 

 

Sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/307511480817891121/

Rak Berbentuk Rumah

Rak buku yang menyerupai bentuk rumah menjadi salah satu pilihan furnitur cantik untuk pojok baca si Kecil. Kesan yang diberikan dari rak buku ini adalah bersih dan tenang. Selain untuk menyimpan buku, rak berbentuk rumah juga bisa menyimpan barang-barang lainnya, seperti mainan edukatif, mobil-mobilan, atau boneka. 

 

 

 

 

 

 

Sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/303359724911366774/

Rak Buku Berkarakter Hewan

Bosan dengan bentuk rak yang itu-itu saja? Coba gunakan rak buku berkarakter hewan! Rak buku berkarakter hewan punya daya tarik yang sangat kuat karena bentuknya yang kreatif, unik, dan memberikan kesan minimalis modern untuk pojok baca si Kecil. Meskipun sedikit lebih sulit ditemukan, rak jenis itu punya kelebihan untuk membantu memupuk keberanian dan imajinasi si Kecil. 

 

Jadi, rak buku model apa yang akan Ayah-Bunda pilih untuk mendesain pojok baca si Kecil, nih?

 

Nah, setelah memperhatikan desain interior dan furnitur, kini saatnya Ayah-Bunda memperhatikan pemilihan buku dalam rak. Buku-buku yang berkualitas tentunya akan membuat si Kecil lebih betah lagi berlama-lama di pojok bacanya. Salah satu contoh buku dengan kriteria tersebut adalah Seri Read Aloud Bintang dan Gerhana terbitan Noura Kids. Yuk, desain pojok baca si Kecil semenarik mungkin dan jangan lupa tambahkan Seri Read Aloud Bintang dan Gerhana ke dalam rak buku kesayangannya, ya!

 

Dapatkan Seri Read Aloud Bintang dan Gerhana di Official Mizanstore!

 

 

Sumber Artikel: