Search
Close this search box.

Si Kecil Malas Membaca Buku? Mungkin Ini Alasannya …

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Membaca buku memiliki segudang manfaat bagi perkembangan intelektual juga emosional anak. Namun, saat ini orangtua tengah dihadapkan dengan tantangan besar, yaitu memikirkan 1001 cara agar si Kecil tetap memiliki ketertarikan membaca di tengah gempuran gadget dan kawan-kawan. Meskipun demikian, kita tak bisa hanya membatasi penggunaan gadget sebagai solusi instan. Sebab, beberapa faktor berikut ini turut menjadi penyebab yang membentuk perilaku tersebut pada anak. 

 

Lingkungan yang Kurang Mendukung

Lingkungan sekitar sangat berpengaruh dalam membentuk kebiasaan anak pada masa tumbuh kembangnya. Sayangnya, masih banyak anak tumbuh di tengah lingkungan yang kurang mendukung minat baca mereka. Seperti di lingkungan rumah misalnya, akan sulit bagi si Kecil jika ia tumbuh dalam keluarga yang tidak memiliki rutinitas membaca buku. Solusi yang dapat dilakukan ialah dengan menunjukkan ketertarikan Ayah-Bunda dalam membaca serta melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut. Hal ini dapat menjadi cara untuk memberikan contoh positif tentang betapa menyenangkannya membaca. 

 

Anak Tidak Tertarik dengan Format atau Topik Buku yang Ditawarkan

Dalam upaya membangun ketertarikan membaca pada anak, tak perlu memaksa dirinya untuk membaca ensiklopedia atau buku-buku yang dianggap berisi “daging semua”. Sebab, anak telah terpapar oleh gadget dengan media visual yang lebih menarik dibandingkan dengan buku. Jadi, mulailah dengan apa yang ia suka terlebih dahulu. Selain itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan Ayah-Bunda ialah menyediakan buku-buku menarik yang sesuai dengan usia anak. 

 

 

 

Aktivitas yang Terlalu Padat 

Setiap harinya, si Kecil melakukan ragam aktivitas mulai dari belajar di sekolah, ekstrakurikuler, bahkan beberapa di antaranya juga mengikuti kegiatan di luar sekolah. Pun jika ada waktu luang, anak akan memilih untuk bermain atau beristirahat. Tak bisa dipungkiri bahwa membaca buku merupakan aktivitas dengan fokus tinggi. Oleh sebab itu, Ayah-Bunda perlu mengatur kembali jadwal kegiatan si Kecil dengan mengalokasikan waktu untuk membaca, agar aktivitas bisa berjalan menyenangkan dan anak dapat merasakan manfaatnya. 

 

Untuk menuntaskan permasalahan minat baca pada anak, tentu memerlukan perhatian dan kerja sama dari berbagai pihak, seperti orangtua, guru, pemerintah, serta masyarakat. Namun, Ayah-Bunda juga dapat mengantisipasinya dengan mulai mengenalkan kecintaan terhadap buku sejak dini melalui metode membacakan nyaring! 

 

Sebagai salah satu rekomendasi buku wajib untuk para orangtua, melalui Reading Magic, Mem Fox telah membagikan tip-tip untuk membuat membacakan nyaring menjadi aktivitas yang menyenangkan.

 

Dapatkan Reading Magic di Mizanstore Official