10 Fakta Menarik Luar Angkasa

 

Wahh, Cican jadi astronot!

Dengan roketnya, Cican pergi menjelajah ke luar angkasa. Roket Cican melesat menembus awan dan tiba di ruang hampa udara. Ajaib! Semua benda di luar angkasa melayang-layang. Cican melihat banyak bintang dan planet bertebaran. Wussh! Ada benda berekor mengelilingi matahari. Apakah itu komet?

Menjadi astronot ternyata seru, yah. Kita bisa menjelajah luar angkasa yang luas dan penuh misteri. Salah satu misteri yang ingin dipecahkan adalah bisakah manusia hidup di luar Planet Bumi? Demi menguak misteri ini, beberapa negara pun mengirim antariksawan terbaik mereka.

Yuri Gagarin adalah kosmonaut (antariksawan dari Uni Soviet) dan manusia pertama yang berhasil terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1-nya. Dari Amerika Serikat, ada Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins. Ketiga astronot ini terkenal karena berhasil mendarat di Bulan. Buzz Aldrin bahkan meninggalkan jejak kakinya di Bulan. Dan konon, jejak kaki tersebut akan bertahan hingga 100 juta tahun. Keren, yah!

Dan menurut informasi terbaru dari NASA, 20 ekor tikus telah dikirim ke luar angkasa pada 29 Juni 2018 lalu. Selama tiga bulan di luar angkasa, peneliti akan mengamati siklus hidup ke-20 tikus tersebut. Apa, sih tujuannya  mengirim 20 tikus ke luar angkasa? Tujuannya tidak lain untuk mencari petunjuk bisa-tidaknya manusia bertahan hidup di luar angkasa dalam jangka waktu lama.

Baca juga: 

Selama berkelana di luar angkasa, para antariksawan tersebut menemukan banyak sekali fakta menarik. Mulai dari benda-benda langit sampai fenomena-fenomena yang hanya terjadi di luar angkasa. Nah, berikut ini adalah sepuluh fakta menarik yang perlu kamu tahu tentang luar angkasa.

  1. Matahari berukuran 300.000 kali lebih besar dari Bumi. Bahkan ada yang memperkirakan dibutuhkan satu juta Bumi digabungkan jadi satu untuk bisa menyamai ukuran Matahari.
  2. Berkebalikan dengan Matahari, Pluto menjadi planet terkecil di tata surya kita. Pluto berukuran lebih kecil dari Bulan milik Bumi. Bahkan, diameter Pluto lebih kecil daripada diameter Negara Amerika Serikat.
  3. Banyak orang berpikir planet terpanas adalah Merkurius, karena letaknya paling dekat dengan Matahari. Tapi itu salah, planet terpanas di tata surya kita adalah Venus. Ia menjadi planet terpanas karena memiliki banyak gas di lapisan atmosfernya yang bisa menyebabkan Greenhouse effect.
  4. Ada banyak sekali jumlah planet dan bintang di luar angkasa. Kalau mau dibandingkan, jumlah mereka lebih banyak dari butiran pasir yang ada di tiap pantai di bumi. Di Galaksi Bima Sakti saja ada sekitar 200 miliar bintang. Sejauh ini, para antariksawan dari seluruh dunia baru bisa mengonfirmasi 1.800 keberadaan planet baru, dan 3.000 lainnya masih menanti untuk diteliti.
  5. Karena gravitasi yang lebih rendah, seseorang yang memiliki berat 100 kilogram di bumi hanya akan memiliki berat 38 kilogram di permukaan Mars. Perbedaan gravitasi yang ada, juga menyebabkan sesorang menjadi lebih tinggi 5 cm di luar angkasa.
  6. Merkurius dan Venus adalah dua planet di tata surya kita yang tidak memiliki bulan. Di lain pihak, Uranus memiliki 27 bulan. Hal inilah yang menyebabkan satu malam di Uranus setara dengan 21 tahun di Bumi.
  7. Suara teriakanmu tidak akan terdengar di luar angkasa, karena tidak adanya udara yang bisa mengantarkan gelombang suara.Ketiadaan udara juga yang menyebabkan jejak kaki di permukaan bulan tidak akan menghilang.
  8. Jika mengemudi dengan kecepatan 121 kilometer per jam, kamu akan memerlukan 258 hari untuk mengelilingi salah satu cincin Saturnus.
  9. Jupiter dikenal sebagai planet pembuangan dalam tata surya kita karena sebagian besar asteroid ditarik oleh gravitasinya.
  10. Buzz Lightyear, salah satu tokoh dari Toy Story, benar-benar pernah ikut bertualang di luar angkasa. Buzz menghabiskan 15 bulan di stasiun luar angkasa internasional sebelum akhirnya kembali ke bumi pada 11 September 2009.

Nah, itu dia beberapa fakta tentang luar angkasa. Masih penasaran dengan segala hal tentang luar angkasa? Yuk, ikut Cican sang astronot menjelajah dan bertualang di luar angkasa![]

Ditta Amelia: Penulis Sekaligus Ilustrator Buku Hello Goodbye

31/10/2018

Nouravaganza!

31/10/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *