7 Cewek Tangguh dalam Serial Novel Fantasi

Selama bertahun-tahun, karakter cewek sering digambarkan sebagai damsel-in-distress alias perempuan dalam bahaya, yang membutuhkan pertolongan. Untungnya, stereotip itu sekarang sudah mulai berubah. Kenalan nih, dengan tujuh cewek tangguh dalam serial novel fantasi.

1. Hermione Granger (Harry Potter – J.K. Rowling)

Siapa yang enggak kenal dengan cewek pintar ini? Meski terlahir sebagai muggle (bukan keturunan penyihir), Hermione merupakan salah satu penyihir wanita yang kemampuannya enggak bisa diremehkan. Karena kepandaian otak cewek ini juga diimbangi dengan keberanian dan kesetiaannya, sorting hat menempatkannya di Gryffindor —bukan di Ravenclaw. Kemudian setelah berulang kali membuktikan kehebatannya dalam Perang Sihir Kedua, Hermione pun memperoleh posisi penting di Kementerian Sihir!

2. Katniss Everdeen (The Hunger Games – Suzanne Collins)

Cewek tangguh ini tumbuh besar di distrik termiskin yang bertugas menghasilkan produk pertambangan untuk Panem. Setelah ayahnya tewas dalam ledakan tambang dan ibunya depresi karena kejadian itu, Katniss terpaksa menjadi tulang punggung keluarga di usia yang masih belia. Untuk menghidupi keluarganya, Katniss berburu di hutan dengan panah seperti yang pernah diajari oleh sang ayah. Hebatnya lagi, Katniss bahkan rela menggantikan adik perempuannya untuk bertarung di perhelatan “The Hunger Games” yang penuh pertumpahan darah!

 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Red Queen

Baca Juga: Sang Ratu Merah

 

3. Mare Barrow (Red Queen – Victoria Aveyard)

Mirip Katniss, Mare Barrow juga hidup di salah satu desa miskin yang diperlakukan secara buruk oleh para penguasa. Bukan karena perbedaan status kekayaan, tapi karena perbedaan warna darah! Kaum Elit di Kerajaan Norta berdarah perak dan punya kemampuan super, sedangkan Mare dan penduduk di desanya hanyalah manusia biasa berdarah merah. Setelah abang-abangnya ‘dijaring’ untuk wajib militer, Mare berusaha  keras untuk menyelamatkan masa depan adik dan sahabatnya. Tekadnya itulah yang membuatnya terjebak dalam intrik politik Kaum Elit dan harus menyamar sebagai gadis berdarah Perak. Mare pun memutuskan untuk memulai perlawanan, karena dia adalah Merah sekaligus Perak yang pertama —dan mungkin, lebih kuat dari keduanya!

4. Kelsea Glynn (The Queen of Tearling – Erika Johansen)

Sedikit berbeda dari Mare Barrow, Kelsea justru terlahir sebagai calon ratu. Di usianya yang masih belasan tahun, Kelsea harus melaksanakan kewajibannya untuk mengambil alih takhta dan membebaskan rakyat Tearling dari penjajahan Ratu Merah dari Kerajaan Mortmesne. Dari seorang gadis yang tumbuh terasing di tengah hutan, Kelsea kini harus berpikir cepat untuk menyelesaikan permasalahan politik dan militer. Segala jenis upaya penculikan, penyerangan, dan pembunuhan adalah hal lumrah dalam kehidupannya sebagai seorang ratu muda!

5. Beatrice “Tris” Prior (Divergent – Veronica Roth)

Lain lagi dengan Tris, yang hidup di bawah rezim otoriter yang membagi rakyatnya dalam lima faksi: Candor bagi yang jujur, Erudite bagi yang jenius, Amity bagi yang cinta damai, Dauntless bagi yang pemberani, dan Abnegation bagi yang suka menolong tanpa pamrih. Tris yang sebenarnya merupakan seorang Divergent’, harus menyembunyikan identitasnya dengan bergabung ke Faksi Dauntless. Dari terjun ke kegelapan tanpa batas hingga meloncat ke gerbong kereta, ketangguhan cewek ini memang nggak ada tandingannya!

 

Baca Juga: Morrigan Crow dan Dunia Sihir yang Segar

Baca Juga: Menikmati Sihir Dalam Sesuap Kue Alaska

 

6. Scarlett Dragna (Caraval – Stephanie Garber)

Untuk menjadi cewek tangguh, kamu enggak harus melawan rezim atau monster yang keji. Cewek yang satu ini justru harus melawan kekejaman ayahnya sendiri. Untuk membebaskan diri dari ayahnya, Scarlett memutuskan untuk bermain dalam ‘Caraval’ bersama adiknya, Donatella. Siapa sangka, justru di sanalah ketangguhannya diuji. Demi menyelamatkan adiknya, Scarlett mempertaruhkan segalanya di dunia sirkus yang penuh misteri dan teka-teki!

7. Adelina Amouteru (The Young Elites – Marie Lu)

Seperti Scarlett, Adelina juga diperlakukan secara buruk oleh ayahnya. Adelina nyaris dijual oleh ayahnya sendiri karena dia adalah “Malfetto” (titisan iblis), yaitu anak bertanda ‘aneh’ yang selamat dari wabah yang menyerang Bangsa Kenettra. Sayangnya, berbeda dari “Malfetto” lain yang memiliki kekuatan tertentu, Adelina tidak merasakan kekuatan apapun selain perubahan dan kecacatan fisiknya. Berawal dari perlawanan kecil terhadap ayahnya, Adelina bertekad untuk memperjuangkan  keadilan bagi para “Malfetto” di seantero Kenettra.

Nah dari ketujuh cewek tangguh di atas, siapa karakter favorit kamu? [Rfd]

The God of Small Things: Berbagai Nuansa Kenyataan yang Dikemas Indah Sekaligus Mencekam

16/10/2018

Man’s Search for Meaning: Sebuah Karya Dari “Laboratorium Logoterapi”

16/10/2018

Leave a Reply