Tom Hanks, si Maniak Mesin Tik

Di era digital ini kebanyakan orang memang lebih suka mengirim pesan secara digital melalui email dan chat, namun masih ada lho yang menyukai pesan dalam bentuk tercetak. Salah satunya adalah Tom Hanks. Aktor yang sudah meraih beberapa penghargaan ini ternyata masih punya sentimen terhadap suara berisik yang dihasilkan oleh mesin tik!

Tom Hanks, si Maniak Mesin Tik

Koleksi Pertama
Mesin tik pertama milik Tom Hanks adalah sebuah mesin tik Olivetti yang diberikan oleh salah satu temannya. Setelah menggunakan mesin tik itu selama kurang lebih satu setengah tahun, dia bermaksud untuk membawa mesin tik itu ke reparasi. Namun tukang reparasinya menolak untuk memperbaiki, karena mesin tik itu hanyalah ‘mainan tak berharga’. Pria itu kemudian menunjuk ke rak di belakangnya yang penuh dengan mesin tik dari besi, sambil menjelaskan ciri mesin tik yang bagus kepada Tom Hanks. Dari pria itu, Tom Hanks pun membeli mesin tik Hermes 2000 dan setelahnya pun mulai berburu mesin tik lain. Malahan kadang-kadang beberapa mesin tik ‘muncul’ begitu saja, misalnya mesin tik Smith Corona Silent 1934 yang dikirim pada Tom Hanks dengan selembar surat yang meminta kehadirannya sebagai tamu di acara radio milik si pengirim.

Sumber foto: lifelineenergy.org

Jumlah Mesin Tik
Tom Hanks mengaku telah mengoleksi lebih dari 250 mesin tik, dan 90 persennya masih dalam kondisi prima. Saking banyaknya, Tom Hanks pernah berkelakar bahwa dia ingin membagikan koleksinya karena tidak mau dikubur bersama mesin tik. Selain karena (sepertinya) tidak ada pemakaman yang dapat menampung lebih dari 140 mesin tik, dia juga tidak mau merepotkan anak-anaknya. Kalau ajalnya sudah tiba, dia tidak mau anak-anaknya pusing memikirkan koleksi mesin tik milik ayahnya.

California Typewriter
Ketertarikan Tom Hanks terhadap mesin tik rupanya sudah bukan rahasia lagi. Sebuah film dokumenter “California Typewriter” yang membahas sejarah mesin tik ternyata juga menampilkan wawancara mendalam dengan para kolektor mesin tik, seperti John Mayer, David McCullough, dan —tentu saja, Tom Hanks.

Baca Juga:

Sumber foto: youtube

Aplikasi Hanx Writer
Bukannya berkurang, kecintaan Tom Hanks pada mesin tik justru semakin menjadi-jadi di era digital saat ini. Beberapa waktu lalu, Tom Hanks merilis sebuah aplikasi bernama Hanx Writer, yaitu sebuah aplikasi yang dapat mengubah keyboard laptop, tablet, atau telepon genggam menjadi seperti mesin tik. Menurut Tom Hanks, aplikasi itu sengaja dikembangkan dengan suara unik dan animasi mekanis seperti mesin tik karena hingga saat ini belum ada mesin yang bisa menghasilkan sensasi sehebat mesin tik. 

Sumber foto: Amazon

Menuliskan Obsesi
Seakan tidak cukup melampiaskan obsesinya lewat wawancara dalam film dokumenter, Tom Hanks juga membuat beberapa tulisan yang menggambarkan obsesinya terhadap mesin tik. Salah satu yang paling terkenal adalah artikelnya di New York Times yang bertajuk I am Tom. I Like to Type. Hear That? Selain itu Tom Hanks juga menulis kata pengantar untuk “Typewriters: Iconic Machines from the Golden Age of Mechanical Writing”. Kemudian tahun lalu, Tom Hanks juga menulis sebuah kumpulan cerita pendek berjudul Uncommon Type, yang versi terjemahan bahasa Indonesianya akan segera terbit. [Rfd/sumber: Catawiki, National Public Radio, GEMR]

5 Alasan Kenapa Mortal Engines Termasuk Film Akhir Tahun yang Wajib Kamu Tonton!

13/12/2018

“A Trump": Sebuah Kritik Pedas Terhadap Donald Trump

13/12/2018