5 Alasan Kenapa Mortal Engines Termasuk Film Akhir Tahun yang Wajib Kamu Tonton!

Awal Desember ini, film garapan Peter Jackson dan Christian Rivers yang berjudul “Mortal Engines” akan tayang di layar lebar. Mengingat proses pembuatannya yang memakan waktu hampir satu dekade, Mortal Engines termasuk salah satu film yang wajib kamu tonton di akhir tahun 2018 ini lho!

1. Adaptasi dari Novel Best-Seller karya Philip Reeve
Film ini diadaptasi dari novel karya Philip Reeve yang terbit pertama kali pada tahun 2001. Setahun setelah diterbitkan, novel ini langsung memenangkan Gold Award dalam Nestlé Smarties Book Prize dan termasuk dalam nominasi Whitbread Award. Selain itu Mortal Engines juga meraih Book of the Year dalam The Blue Peter Book Award (2003), School Library Journal’s Best Books (2003), ALA Notable Children’s Books (2004), YALSA Best Books for Young Adults (2004), dan berbagai penghargaan lainnya. Mortal Engines juga telah mendapat banyak pujian, bahkan hingga kini konsisten mendapat rating di atas 3.9 dari 5 bintang di Goodreads!

Sumber foto: imdb.com

2. Dunia Bernuansa Steampunk
Dengan latar 1.700 tahun dari sekarang, peristiwa dalam film Mortal Engines terjadi pada masa di mana kota-kota ‘bergerak’ memburu satu sama lain untuk memperebutkan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk bertahan hidup. Berfokus pada London—sebuah kota traksi yang cukup dominan di antara kota lain sejenisnya, film ini digadang-gadang akan penuh dengan adu kecanggihan teknologi antara kota-kota traksi dan pihak anti-traksi.

Baca Juga:

3. Setting dan Visualisasi yang Luar Biasa
Selama kurang lebih tiga bulan di Selandia Baru, tim produksi film Mortal Engines telah membangun sebanyak hampir 70 set untuk syuting dengan melibatkan sekitar 3.900 pemeran figuran (tiga kali lipat lebih banyak dari pemeran figuran untuk film The Hobbit!). Proses pembuatan set terbesar, yang berlokasi di Katedral St. Paul, konon memakan waktu selama tujuh minggu.

Sumber foto: imdb.com
Mortal-engines-peter-jackson-independent-ie
Sumber foto: independent.ie

4. Proyek Kesayangan Sutradara The Lord of The Rings
Setelah terkesima oleh novelnya, Peter Jackson ingin menggarap adaptasi film ini sejak tahun 2008 lalu. Namun karena sibuk dengan trilogi The Hobbit, Peter Jackson dengan berat hati memilih mundur dari posisinya sebagai sutradara dan memutuskan untuk memposisikan dirinya sebagai produser saja. Sutradara The Lord of The Rings ini kemudian menyerahkan hak sutradara film ini kepada Christian Rivers, salah satu rekan kepercayaannya.

5. Gabungan dari Berbagai Film Favorit
Saat Christian Rivers mengambil alih film Mortal Engines, ia sudah punya visi yang jelas. Menurut Rivers, yang sudah memenangkan Best Visual Effects Oscar untuk film King Kong, film Mortal Engines ini bisa dibilang merupakan gabungan dari Star Wars, Mad Max, dan Harry Potter. [Rfd/sumber: todayonline]

Philip Reeve: Penulis Mortal Engines yang Sempat Kehilangan Minat Menulis Cerita Fantasi & Sains Fiksi

13/12/2018

Tom Hanks, si Maniak Mesin Tik

13/12/2018