Saat Anak Zaman Now Jadi Inspirasi Mona Ratuliu Menulis Buku

Bagi orangtua, anak bisa jadi sumber inspirasi. Seperti Mona Ratuliu yang mengaku  terinspirasi ‘anak zaman now’ hingga akhirnya menulis bukunya yang kedua, Digital ParenThink.

Di tahun 2015 Mona menerbitkan buku berjudul ParenThink, yang berkisah pengalaman pahit Mona Ratuliu di awal masa menjadi orangtua hingga akhirnya dia bangkit, mulai “sekolah” menjadi orangtua, dan mendalami pengasuhan anak.

Buku kedua Mona masih seputar pola asuh anak, tapi lebih ke soal penggunaan gadget pada anak. Ide menulis buku Digital ParenThink bermula dari kebingungan Mona sebagai seorang ibu dari tiga anak di ‘zaman now’ alias zaman yang teknologinya sudah sangat maju.

“Setiap anggota keluargaku lahir dengan perbedaan generasi. Jadi mau nggak mau harus merangkul semua generasi,” kata Mona di acara peluncuran buku Digital ParenThink, belum lama ini.

Baca Juga:

Mona Ratuliu mengaku ia termasuk ibu yang agak kewalahan mengejar perkembangan teknologi. Mona sendiri terlahir sebagai generasi Y sehingga dia pernah merasakan hidup di era sahabat pena, koleksi perangko dan hal ‘jadul’ lainnya.

“Mima (anak sulung Mona) masih merasakan sepeda, lalu kenal internet di umur 10 tahun. Sedangkan Nala (anak bungsu Mona) usia bayi udah main gadget,” kata Mona. Anak pertama Mona, Davina yang dipanggil Mima berkenalan dengan gadget saat kelas 4 SD dan adiknya, Raka sejak usia lima tahun. Mona bilang anak-anaknya sedikit berubah saat kenal gadget.

“Mima mulai nggak suka berkegiatan selain aktivitasnya mengutak-atik smartphone. Begitu juga dengan Raka, saat diambil gadgetnya ia cenderung marah. Sampai akhirnya aku memutuskan menyita gadget dari Mima” ujar Mona.

Baca Juga:

Di saat teman-teman seusia anaknya sedang asyik main gadget, menyita gadget tentu ada konsekuensi tersendiri. Inilah yang mencetuskan ide bagi Mona Ratuliu untuk menulis kisahnya sebagai orangtua menghadapi kids zaman now.

Tak cuma pengalaman langsung dirinya dan keluarga dalam menghadapi gadget, pengetahuan beberapa pakar di bidangnya masing-masing juga turut melengkapi buku kedua istri Indra Brasco ini. Termasuk anak-anak yang sukses memanfaatkan gadget. []

Sumber: haibunda.com, ditulis oleh Asri Ediyati

 

War Storm: Simbol Kekuatan Para Wanita

19/10/2018

Burning Debate: Bukan Diskusi Buku Biasa

19/10/2018

Leave a Reply