Search
Close this search box.

Kesehatan Fisik yang Terancam Akibat dari Kebiasaan Menumpuk Barang

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Saat berselancar di Google, MiNou menemukan maraknya pemberitaan tentang fenomena hoarding disorder, yaitu kebiasaan menumpuk barang yang merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan mental. Kebiasaan ini tentu berbeda dengan para kolektor barang, ya, Nourans. Para penderita hoarding disorder cenderung menimbun barang secara impulsif, beberapa di antaranya merupakan barang yang tidak bernilai tinggi bahkan sudah dalam kondisi kotor dan rusak. 

 

Selain berdampak pada kesehatan mental, perilaku tersebut juga kerap memberi dampak negatif pada hal yang mungkin luput dari perhatian, yaitu terhadap kesehatan fisik seseorang. Membiarkan barang menumpuk dan tidak terorganisasi di sekitar kita dapat mengancam kesehatan fisik seperti: 

 

Berisiko Mengalami Cedera 

Saat membiarkan barang-barang menumpuk dan tercecer di sekitarmu, kamu mungkin akan tersandung atau terpeleset oleh barang-barang yang berserakan. Kondisi ini tentu dapat mengakibatkan cedera fisik, seperti memar bahkan patah tulang. 

 

Gangguan Tidur dan Dampak Jangka Panjangnya 

Berada di ruangan yang berantakan membuat istirahat pun menjadi tak nyaman. Kondisi ini tentu jangan dianggap enteng ya, Nourans! Tidur yang tidak berkualitas dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, obesitas, dan penurunan kinerja kognitif.

 

Gangguan Pernapasan Akibat dari Menurunnya Kualitas Udara di Dalam Ruangan

Barang-barang yang menumpuk juga sepaket dengan debu dan kotoran yang memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan. Kondisi ini dapat diperparah apabila ruangan tempatmu beraktivitas tidak memiliki ventilasi udara yang ideal. Polusi udara di dalam ruangan dapat menyebabkan alergi dan gangguan pernapasan lainnya.

 

Tak hanya bagi para penderita hoarding disorder, ancaman pada kesehatan fisik juga bisa dialami oleh siapa pun yang hobi menyimpan barang tanpa diimbangi dengan perencanaan serta penyimpanan yang teratur dan memadai. 

 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya, MiNou? 

 

Mulailah dengan berani menolak, membuang, dan melepaskan keterikatan dari tumpukan barang yang kamu miliki. 

 

Itulah prinsip dari Danshari, filosofi decluttering ala Jepang yang bisa kamu pelajari dalam buku karya Hideko Yamashita. Dapatkan bukunya di Official Mizanstore dan mari ber-danshari bersama-sama!