5 Fakta Menarik Sharjah International Book Fair 2018

Dua staf Noura, Suhindrati Shinta dan Shera Diva, beruntung sekali bisa menghadiri perhelatan besar perbukuan di Uni Emirat Arab (UAE) awal November lalu, yakni Sharjah International Book Fair (SIBF). Berikut adalah beberapa fakta menarik yang sempat mereka catat:

1. Salah satu pameran buku terbesar di dunia ini sudah memasuki usia ke-37. Berlangsung selama sepuluh hari, dari tgl 1 November sampai 10 November di Sharjah Expo, SIBF menempati 6 aula, menjual 20 juta buku, diikuti oleh 77 negara dan 1.800 penerbit dari seluruh dunia. Wow, banyak, ya?

2. A.J. Finn, penulis The Woman in the Window, awalnya dijadwalkan hadir di SIBF sebagai salah satu dari 470 penulis dan seniman yang diundang, dan akan melakukan satu dari 200 acara penandatanganan buku yang difasilitasi di sana. Sayangnya beliau batal hadir, padahal fotonya sempat tercetak di salah satu pamflet SIBF. Hiks!

5-Fakta-Menarik-Sharjah-International-Book-Fair3. Jepang didaulat sebagai Guest of Honor kali ini. Mereka membagi booth paviliunnya menjadi beberapa bagian, ada bagian penjualan buku yang dipegang oleh Kinokuniya, ada juga sekat-sekat kecil yang mengenalkan budaya Jepang melalui: yakult (uniknya ada yakult khusus dewasa yang rendah lemak dan rendah gula di sini, kapan masuk Indonesia, ya?), pir Ichikawa yang manisnya luar biasa, teh hijau, Chateraise (toko kue asal Jepang ini sih untungnya sudah ada di Indonesia), dan ikan koi (ya, mereka memasang kolam berisi ikan-ikan koi sebesar lengan orang dewasa).

4. Para tamu dari berbagai negara diundang dalam dua acara di hari pertama pameran, yakni opening ceremony di pagi hari dan gala dinner di malam harinya. Bentuk kedua acara ini seperti jamuan makan besar, lengkap dengan pelayan untuk setiap mejanya. Saat pagi mereka hanya menyediakan roti dan beragam selai, sementara untuk makan malam, mereka mulai jam 9 dengan jenis hidangan yang sangat banyak (untuk orang Indonesia pada umumnya, porsi makan kita mungkin hanya 1/3 atau bahkan 1/4 dari porsi makan orang Arab).

5. Etisalat Award menjadi penghargaan bergengsi yang dinanti-nanti setiap tahunnya. Etisalat adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di UAE. Pemenangnya diumumkan pada acara pembukaan SIBF dan hadiah diberikan langsung oleh Ruler of Sharjah, Sultan bin Muhammad Al-Qasimi. Penghargaan yang tertinggi adalah Best Children’s Book of theYear dan hadiahnya sebesar 300,000 AED atau 1,2 miliar rupiah! Wow!

Semoga tahun depan Noura bisa mengirim karyawan ke sana lagi, ya. [STA]

 

Jack Ma & Filantropi Dalam Pembangunan SDM

14/11/2018

Victoria Aveyard: Fangirl yang Sukses Menulis Novel Bestseller

14/11/2018

Leave a Reply