5 Aktor Terkenal yang Juga Penulis Buku

Di dunia ini, ada banyak pecinta buku yang ternyata juga penggemar film. Hal ini rupanya juga berlaku pada para aktor, tak sedikit di antara mereka yang juga menaruh minat pada bidang sastra. Beberapa di antara mereka bahkan telah menulis buku, baik berupa novel maupun kumpulan cerita. Siapa saja aktor-aktor ganteng, eh, yang juga penulis buku itu? Yuk, simak!

James Franco

artis penulis-james franco
Sumber foto: Pedestrian.TV

Bicara tentang aktor yang menerbitkan buku, nama James Franco tentu berada dalam urutan teratas. Selama delapan tahun masa awal kariernya sebagai seorang aktor profesional, James mengaku telah banyak membuat tulisan. Hingga saat ini James sudah menulis lebih dari delapan judul buku, di antaranya: Palo Alto (2010), The Dangerous Books Four Boys (2012), Strongest of the Litter (2012), A California Childhood (2013), dan Actor Anonymous (2013).

Ethan Hawke

Ethan Hawke
Sumber foto: Twitter

Meskipun dikenal lewat film-filmnya yang banyak meraih penghargaan pada tahun 2000-an ke atas, karier aktor asal Brooklyn, New York ini sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun 1980-an, ketika ia memerankan salah satu murid Robin William dalam film Dead Poets Society (1989).

Kini selain melibatkan diri dalam produksi berbagai jenis film, Ethan juga mendedikasikan hidupnya untuk bidang sastra. Ia sudah menulis tiga buah novel lain, yakni The Hottest Stat (1996), Ash Wednesday (2002), dan Rules for a Knight (2015). Selain itu, ia juga menduduki posisi co-chairman Young Lions Committeedi Perpustakaan Umum New York yang setiap tahunnya menganugerahkan The Young Lions Fiction Award kepada penulis muda berbakat di Amerika.

Steve Martin

arti penulis-steve martin
Steve Martin holds up a copy of his book “The Pleasure of Myself” (Photo by Jemal Countess/WireImage)

Karena lebih dikenal sebagai seorang komedian, mungkin tidak banyak yang mengasosiasikan aktor yang satu ini dengan bidang sastra. Padahal jika melihat daftar hasil karyanya, Steve Martin punya dedikasi yang serius di bidang tulis-menulis. Sepanjang kariernya, Steve sudah membuat lebih dari 20 tulisan dari koleksi esai, naskah drama, hingga buku anak berjudul Late For School (2010). Setelah beberapa kali menulis untuk The New Yorker selama tahun 1990-an, Steve akhirnya memutuskan untuk menulis novela pertamanya yang berjudul Shopgirl pada tahun 2000. Setelahnya, Steve juga menulis dua novel yang berjudul The Pleasure of My Company (2003) dan An Object of Beauty (2010). Selain novel, salah satu karyanya yang banyak menuai pujian adalah Born Standing Up, sebuah memoar yang berada pada peringkat keenam dalam Top 10 Nonfiction Books of 2007 yang dirilis majalah Time.

Chris Colfer

artispenulis-chris colfer
Sumber foto: hellogiggles.com

Pemeran Kurt Hummel dalam serial Glee ini punya sejarah panjang di bidang kepenulisan sebelum memulai kariernya sebagai aktor. Semasa sekolah, Chris pernah menjadi ketua klub menulis, aktif sebagai editor majalah sekolah, serta memenangkan berbagai lomba debat dan pidato. Minatnya pada bidang kepenulisan kemudian diwujudkan dalam seri The Land of Stories (2011-2017) dan novel YA pertamanya, Stranger Than Fanfiction (2017).

Tom Hanks

Tom Hanks

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Tom Hanks adalah seorang kolektor mesin tik. Namun ternyata mengumpulkan mesin tik bukanlah satu-satunya hobi yang digeluti oleh aktor asal Inggris ini. Selain mesin tik, Tom Hanks juga sangat gemar membaca buku. Tak puas hanya membaca karya orang lain, ia pun kemudian memutuskan untuk menulis buku pertamanya yang berjudul Uncommon Type pada tahun 2017 lalu (versi bahasa Indonesia akan terbit di awal tahun 2019).

Bagaimana dengan kamu: masih puas membaca karya orang lain, atau sudah mulai ingin menulis buku sendiri? [Rfd/sumber: flavorwire, DW, wikipedia, dll]

Noura Ebook Sale! 40% Off!

01/01/2019

Kata Rick Riordan tentang Rick Riordan Presents: Aru Shah and the End of Time

01/01/2019