loader image

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Caraval!

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

“Caraval”, bukan “Carnaval”, menjadi salah satu buku yang sering ditempatkan dalam daftar rekomendasi buku fantasi-romansa yang harus dimiliki para remaja. Hal ini tidak mengejutkan karena novel debut yang dituliskan oleh Stephanie Garber ini merupakan buku Young Adult yang terbilang sangat sukses.

Buku ini telah masuk dalam daftar New York Times Best Seller serta memenangkan banyak penghargaan antara lain: Amazon Editors Picks 2017 sebagai Best Young Adult Books of the Year, calon pemenang Goodreads Choice Award 2017 genre Young Adult Fantasy and Science Fiction, Best Young Adult Books 2017, dan lain-lain.

“Caraval” berkisah tentang Scarlett Dragna yang tinggal di sebuah pulau kecil bersama adiknya, Donatella (Tella), dan ayahnya yang kejam. Tella kabur dari rumahnya ke Caraval untuk menghindari ayahnya dan Scarlett harus menyelamatkan adiknya dari seorang pemuda, Julian. Scarlett harus memenangkan permainan Caraval untuk menyelamatkan Tella dan berusaha untuk tidak terhanyut dengan sihir Caraval sebelum waktu.

Buku ini cocok bagi kalian yang ingin mencoba bermigrasi dari buku fiksi remaja ke genre yang lebih dewasa, karena:

  1. Worldbuilding yang Menarik

Latar belakang lokasi dari novel “Caraval” adalah pulau fiktif Caraval, Kekaisaran Meridian. Pembaca ditarik masuk untuk berpetualang dan menjelajahi dunia ini bersama dengan karakter novel.

Stephanie Garber mendeskripsikan dengan indah pemandangan dan keajaiban dalam dunia Caraval tanpa membuatnya terlalu berlebihan. Karena alur cerita mengandalkan Scarlett untuk menyelidiki dan menemukan penunjuk di dalam Caraval, Stephanie Garber menciptakan worldbuilding yang megah namun penuh misteri.

Pembaca akan terjun langsung ke dalam dunia Caraval yang dipenuhi tipu-muslihat tanpa kesusahan membayangkannya di balik kelopak mata kalian. Permainan dalam Caraval yang dibuat oleh Legend, si Master Caraval ini, juga memiliki aturan dan hukum yang harus dipatuhi oleh mereka semua sehingga dunia yang dibentuk terasa lebih realistis.

 

  1. Plot yang Menggelitik Rasa Penasaran

Alur cerita “Caraval” termasuk misteri karena karakter utama harus menemukan adiknya yang hilang diculik oleh Legend dengan menggunakan petunjuk-petunjuk yang diberikan. Misteri juga menyelubungi latar belakang took-tokoh lain dan pembaca harus bisa menebak siapa teman atau musuh di dalam permainan ini; karena di dalam permainan ini, ada aktor-aktor yang bekerja untuk membuat Caraval semakin menarik sehingga tidak semuanya seperti yang terlihat.

Selain itu, Scarlett akan dihadapi dengan kejadian-kejadian yang membingungkan dan harus bisa memenangkan permainan Caraval. Ia harus berhasil menemukan keberadaan adiknya sebelum terlambat. Ini yang membuat pembaca menggebu-gebu untuk membaca hingga selesai.

 

  1. Karakter yang Rumit tetapi Relatable

Di awal cerita, pembaca diperkenalkan dengan Dragna bersaudara: Scarlett sebagai putri sulung dan Donatella (Tella), sebagai putri bungsu. Masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan serta keinginan mereka.

Scarlett tidak diperlihatkan sebagai karakter sempurna tanpa celah, malah Scarlett banyak melakukan kesalahan dan tidak selalu yakin dengan apa yang dia lakukan. Seperti manusia pada dasarnya, Scarlett juga terkadang salah menilai orang. Walaupun begitu dia tetap berusaha untuk menyelamatkan adiknya di tengah ketidakpastian.

Karakter lain adalah adik Scarlett, Donatella, awalnya mungkin terlihat egois dan keras kepala, tetapi sesungguhnya dia merupakan gadis yang cukup pintar. Hal yang sama juga berlaku pada Julian Santos, pendamping Scarlett selama dia mengikuti permainan Caraval. Lelaki yang awalnya berperilaku seperti kasanova ini kemudian mulai jatuh cinta dengan Scarlett dan berusaha untuk melindunginya.

Jadi, tidak perlu diragukan lagi novel “Caraval” karya Stephanie Garber patut untuk dibaca bagi kalian yang ingin membaca petualangan yang menyenangkan, penuh misteri, dan diselingi bunga-bunga cinta kasih para tokohnya.