Search
Close this search box.

Tingkatkan Bonding Anak dan Orangtua dengan Metode Screamfree Parenting

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Saat si Kecil enggan mendengar arahan orangtua, terkadang Ayah-Bunda jadi lepas kendali dalam mengelola emosi. Akhirnya, keluarlah “lantunan” kata bernada tinggi, yang dianggap sebagai solusi agar anak mau mengerti dan tidak mengulangi kesalahannya lagi. Namun, bukannya tumbuh menjadi anak yang taat, justru malah trauma yang dia dapat.  

 

Screamfree parenting mungkin dapat menjadi pendekatan yang efektif meskipun tanpa melibatkan teriakan atau bentakan. Melansir dari laman Cikal.co.id, screamfree parenting merupakan pola asuh yang menekankan pada kemampuan orangtua dalam meregulasi emosinya dan berfokus pada reaksi berupa ketenangan emosional yang ditunjukkan pada anak. Metode ini sangat berbeda dengan pola asuh pada umumnya yang hanya fokus pada perilaku anak. 

 

Sebagai gaya pendampingan yang tepat dalam menyikapi dinamika antara orangtua dan anak, metode ini tentu memiliki banyak manfaat apabila kita terapkan kepada anak-anak kita, seperti: 

 

Meningkatkan Ikatan Orangtua dan Anak

Mendidik tanpa teriakan dan bentakan akan menciptakan hubungan yang positif dalam keluarga. Anak pun akan merasa aman dan dicintai oleh orangtuanya. 

 

Membangun Komunikasi yang Baik antara Orangtua dan Anak

Dengan menerapkan screamfree parenting, orangtua dapat membangun komunikasi yang efektif bersama anak, yaitu dengan saling mengutarakan pendapat dengan terbuka dan mendengarkan dengan empati. 

 

Melatih Kemampuan Problem Solving 

Screamfree parenting membutuhkan pemikiran yang jernih dalam suatu penyelesaian masalah. Tak hanya berdampak positif bagi orangtua, Ayah-Bunda telah juga memberikan contoh yang baik bagi anak tentang bagaimana cara mengatasi tantangan hidup dengan tenang dan bijaksana.

 

Menjaga Kesehatan Mental Orangtua dan Anak 

Pola asuh yang mengedepankan ketenangan dan menghindari teriakan dapat menciptakan lingkungan keluarga yang lebih positif, sehingga bisa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kebahagiaan bagi anggota keluarga. 

 

Screamfree parenting menjadi sebuah alternatif yang dapat membantu para orangtua untuk mendidik anak dengan lebih efektif dan membangun hubungan yang lebih positif. Untuk Ayah-Bunda yang ingin mendalami penerapan pola asuh tanpa teriakan dan bentakan, buku dari Ayah Edy yang satu ini bisa menjadi pilihan. 

 

Melalui buku “Ayah Edy: Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan”, kita akan mempelajari cara-cara mengatasi konflik antara orangtua dan anak secara benar, yang disusun berdasarkan pengalaman Ayah Edy mendidik anak-anak di rumah dan di sekolah.

 

Dapatkan buku Ayah Edy: Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan di Mizanstore Official!