Search
Close this search box.

Lima Tip Mengatasi Ketakutan si Kecil terhadap Serangga

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

 “Pait, pait, pait!” 

 

Tiga kata unik si Kecil saat berusaha untuk mengusir lebah yang terbang mendekat. Pemandangan si Kecil yang berlari ketakutan saat bertemu serangga menjadi hal yang umum terjadi. Tetapi, rasa takut tersebut jadi harus segera diatasi jika si Kecil mulai bereaksi berlebihan saat melihat serangga.

 

Bentuk yang menyeramkan menjadi salah satu alasan mengapa si Kecil takut dengan serangga. Alasan lainnya karena beberapa serangga suka menggigit atau menyengat. Pada dasarnya, rasa takut tersebut adalah reaksi yang wajar sebagai bentuk perlindungan diri.

 

Namun, perlu juga diingat kalau kita hidup dikelilingi oleh serangga. Menurut Marcel Dicke, seorang entomologis dari Universitas Wageningen, Belanda, dari seluruh spesies hewan yang ada, 80%-nya adalah serangga. Oleh karena itu, penting bagi manusia untuk bisa mengatur rasa takutnya terhadap serangga. Lalu, bagaimana cara agar si Kecil bisa mengatasi rasa takutnya tersebut?

  • Pastikan si Kecil tahu jika Bunda mengerti perasaannya

Saat si Kecil merasa panik karena ada seekor laba-laba, validasi perasaannya agar mereka tetap merasa aman dan nyaman.

  • Perhatikan reaksi Bunda sendiri saat bertemu serangga

Bunda selalu menjadi role model bagi si Kecil. Jika di depan si Kecil Bunda beraksi terlalu berlebihan, besar kemungkinan si Kecil juga akan bereaksi yang sama terhadap serangga.

  • Jelaskan jika tidak semua serangga itu berbahaya

Beri tahu si Kecil mana serangga yang aman untuk dilihat dari dekat dan mana yang lebih baik diamati dari kejauhan saja.

  • Bantu si Kecil menemukan alasan utama ketakutannya

Penting bagi si Kecil untuk mengetahui asal rasa takutnya. Misalnya, alasan mereka takut dengan kecoak bisa karena kebiasaannya yang tiba-tiba terbang dan menyerang atau karena hal lainnya. Dengan mengetahui alasannya, Bunda bisa membantu mencarikan solusi agar si Kecil tidak merasa takut berlebihan. 

  • Kenalkan serangga secara perlahan dan menyenangkan

Mengatasi rasa takut pada serangga juga bisa dimulai dari menanyakan apa saja serangga yang si Kecil sudah ketahui dan tanyakan mana yang membuatnya ketakutan dan mana yang tidak. Bunda bisa menunjukan video serangga atau membacakan buku yang tentang serangga. Kedua cara ini bisa membantu si Kecil mengenal serangga dengan lebih aman dan menyenangkan.

 

Salah satu buku yang bisa dibacakan adalah buku Dongeng Seru Serangga terbitan Noura Kids. Buku ini berisi sepuluh kisah seru tentang serangga. Dengan membaca buku ini, si Kecil akan memiliki pandangan baru bahwa tidak  semua serangga itu menakutkan. Oiya, Bunda bisa mendapatkan buku Dongeng Seru Serangga di Mizanstore Official, lho!