loader image

Orang-orang Bloomington karya Budi Darma akan diterbitkan di Amerika Serikat

Ditulis oleh Tia Agnes, detikHot

Yuk, bagikan artikel ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Share on email

Setelah pertama kali terbit tahun 1980 oleh penerbit Metafor, Orang-orang Bloomington karya Budi Darma yang diterbitkan ulang oleh Noura Books di tahun 2015, akhirnya akan menemui pembaca yang lebih luas. Akhir tahun 2020 lalu, melalui literary agency Jacaranda, Noura Publishing yang mewakili Budi Darma menandatangani kontrak penerbitan dengan Penguin Classics. Berita gembira ini tentu saja menjadi sebuah oase di tengah industri penerbitan di Indonesia yang sedang terpuruk akibat pandemi. Orang-orang Bloomington yang merupakan kumpulan cerpen mengenai satu aspek kehidupan dari sekian banyak aspek lain di kota Bloomington, Negara Bagian Indiana, Amerika Serikat, ditulis oleh Budi Darma saat menjadi mahasiswa di Indiana University pada tahun 1970-an.

“Saya merasa sangat terhormat karena Pak Budi Darma telah memberi saya amanah untuk menerjemahkan Orang-Orang Bloomington. Dan ini sangat berarti bagi saya, karena salah satu karya sastra Indonesia terbaik dan paling digemari akhirnya akan bisa dinikmati dan diapresiasi oleh para pembaca dalam bahasa Inggris juga,” ujar Tiffany Tsao yang menerjemahkan karya ini ke dalam bahasa Inggris. Tiffany Tsao pula yang memperkenalkan karya ini kepada Jacaranda selaku co-agent Noura Publishing untuk bisa diterjemahkan dan diterbitkan ke dalam bahasa Inggris. Jayapriya Vasudevan dari Jacaranda mengungkapkan kegembiraannya bisa ikut ambil bagian dalam kerjasama ini. “Jacaranda Literary Agency sangat senang bisa merepresentasikan Pak Budi. Merupakan sebuah privilese bagi kami karena telah diberi amanah berupa karya penulis yang sangat dikagumi di Indonesia. Memperkenalkan karya Pak Budi secara lebih luas kepada para pembaca di berbagai belahan dunia merupakan hal yang luar biasa.”

Baca juga: Menyelami Manusia lewat Budi Darma

Budi Darma juga mengungkapkan kebahagiaannya atas rencana terbitnya karya ini di Amerika Serikat. “Saya merasa luar biasa senang atas niat Jacaranda Literary Agency untuk memperkenalkan Orang-Orang Bloomington ke kancah dunia. Ini terjadi karena terjemahan Kak Tiffany Tsao yang sangat bagus, dan keprihatinan Jacaranda Literary Agency untuk menyeleksi karya-karya klasik di seluruh dunia guna diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Terimakasih kepada Kak Tiffany, Jacaranda Literary Agency, dan Noura sebagai penerbit naskah asli Orang-Orang Bloomington di Indonesia.”

“Kami sengaja menerbitkan kembali Orang-Orang Bloomington ini karena kami nilai karya ini sangat penting bagi khasanah literasi Indonesia terutama untuk mengenalkan kembali karya-karya masterpiece Pak Budi Darma dan maestro sastra Indonesia lainnya kepada generasi muda,” ujar Pangestuningsih, CEO Noura Publishing. Melalui Orang-Orang Bloomington ini pula, Budi Darma berhasil menyabet penghargaan S.E.A. Write Award 1984 dari Pemerintah Thailand.

Orang-Orang Bloomington direncanakan akan terbit di Amerika Serikat tahun 2021 ini.

Sumber artikel: https://hot.detik.com/book/d-5344163/terbit-1980-kumcer-budi-darma-orang-orang-bloomington-akan-terbit-di-amerika