Search
Close this search box.

Lima Buku Fiksi yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta dengan Membaca

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Perkembangan teknologi tak hanya memudahkan aktivitas sehari-hari kita, tapi juga menghadirkan ragam inovasi dalam habit kita. Salah satunya adalah inovasi dalam habit membaca kita. Dulu, mungkin kita hanya bisa membaca melalui buku. Namun sekarang, hadirnya kindle, e-book, dan media baca lainnya memudahkan kita mencari berbagai macam bacaan hanya dengan satu perangkat. Penelitian dari The Digital Reader, portal internasional yang kerap mendokumentasikan revolusi digital dan kebangkitan pembaca di seluruh dunia membuktikan bahwa pada era pandemi, minat baca meningkat sebanyak 35 persen di seluruh dunia.

 

Salah satu genre buku paling populer adalah buku-buku fiksi. Menurut data Publisher’s Weekly tahun 2020, sudah lebih dari 2,5 miliar buku fiksi yang terjual di seluruh dunia. Buku fiksi diminati karena subgenrenya yang beragam sehingga dapat menjadikan ruang imajinasi kita luas. Membaca cerita-cerita fiksi juga dapat membuat kita lupa sejenak dengan masalah-masalah kita di kehidupan nyata! 

 

Berasal dari berbagai macam subgenre untuk menyesuaikan dengan selera dan minat masing-masing, berikut adalah lima buku fiksi yang dapat membuat kamu jatuh cinta dengan membaca. Yuk simak!

 

Jatuh cinta sudah biasa, tetapi bagaimana dengan jatuh cinta di dalam toko buku? Buku ini bercerita tentang dua orang sahabat yang mencintai buku. Keduanya bekerja di toko buku bekas di mana pembaca dapat menulis curahan hati kepada seorang kekasih, orang asing, atau siapa pun yang dia inginkan. Ibaratnya, toko buku itu menjadi saksi bisu kehidupan semua pelanggannya.

Kisah fiksi young adult romance ini terasa sangat nyata dan ringan untuk dibaca. Persahabatan, cinta, rasa kehilangan, dan rasa lapang dada untuk memaafkan adalah topik-topik yang dapat ditemukan di dalam buku ini. Alhasil, rasa yang didapatkan oleh pembaca pun akan campur aduk sepanjang buku. Buku ini cocok untuk penikmat cerita romance.

 

 

Martha adalah seorang Chinese-Indonesian yang mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Singapura lewat beasiswa dari pemerintah Singapura. Di sana, dia bertemu dengan seniornya, Ronny. Singkat cerita, keduanya menikah dan Martha menjadi ibu rumah tangga untuk mengasuh kedua anak mereka. Tidak banyak yang tahu, Martha adalah admin dari @DuoLion163, sebuah akun di Twitter yang sering membuat utas tentang para politikus. Bersama sepupunya, Yuni, Martha menyajikan fakta dari data-data yang dianalisisnya menjadi sebuah utas yang bisa menjatuhkan atau mendukung para politikus. Sampai kemudian, sebuah berita mengejutkan datang kepadanya. Perilakunya memalsukan dokumen saat mendaftar beasiswa di masa lalu terbongkar. Martha harus berhadapan dengan konsekuensinya, yaitu dipenjara.

Novel fiksi sejarah ini ditulis langsung oleh keturunan Tionghoa-Indonesia yang memang mengetahui seluk-beluk topik ini, ditambah riset mendalam untuk menyajikan fakta-fakta yang sesuai sejarah. Buku ini juga membahas kelamnya sejarah dengan gaya tulisan yang ringan. Sejarah mengenai para “anak luar nikah” jarang, bahkan hampir tidak pernah, diangkat, padahal penulisan anak luar nikah di akta merupakan salah satu akibat dari diskriminasi struktural di masa lalu. Kalau kamu tertarik dengan isu-isu sosial, kamu mungkin akan suka dengan buku ini. 

 

Berburu Restu berkisah tentang Dipa, yang berprinsip menikah di KUA saja tanpa menggelar resepsi, yang sedang melakukan proyek berburu restu keluarga besar pacar tercintanya, Ajeng. Premis novel ini sederhana, tapi eksekusinya menjadikan kisah perjuangan Dipa menjadi unik dan fresh. Konfliknya sangat relate dengan kehidupan sehari-hari, terutama drama sebelum menikah atau menjelang pernikahan.

Jika kamu mencari novel romance yang mampu membuat kamu tersipu hingga terpingkal-pingkal, Berburu Restu adalah pilihan yang tepat. Buku ini cocok dibaca oleh remaja hingga dewasa, dari yang belum menikah, ingin menikah, akan menikah, atau bahkan mereka yang sudah menikah dan ingin bernostalgia dengan masa-masa kehebohan sebelum hari-H.

 

Bercerita tentang Catherine yang selalu mengkhayalkan petualangan romantis seperti novel-novel yang dibacanya. Pesta dansa di Bath mendekatkannya kepada impian tersebut. Dua pria menghampirinya: John Thorpe, yang punya jutaan cerita untuk dibagi dan amat memuja kecantikan Catherine; dan Henry Tilney, yang misterius, tetapi hangat dan selalu bisa diandalkan.

Saat diundang untuk menginap beberapa hari di rumah keluarga Tilney, Northanger Abbey yang tersohor, Catherine menemukan petualangan baru: penyelidikan atas kematian ibu Henry. Dan, dia mulai curiga bahwa kepala keluarga Tilney yang ramah dan hangat mungkin tidak sebaik yang terlihat dari luar.

Di tengah kegelisahannya, John yang cemburu dan ingin memisahkan Catherine dari Henry makin memperkeruh suasana.

Northanger Abbey mengambil genre gotik satir dan bisa dibilang merupakan parodi fiksi gotik yang populer pada 1790-an. Jane Austen menggunakan gaya yang menarik dalam narasi novel ini. Beberapa kali dia muncul sebagai “aku” dari sudut pandangnya sebagai penulis, dan menyertakan berbagai pendapat pribadi. Kesempatan untuk menjelajahi benak penulis klasik terkenal seperti Jane Austen adalah hal yang tidak boleh dilewatkan!

 

Once upon a Broken Heart bercerita tentang Evangeline Fox, seorang wanita muda yang dibesarkan di curiosity shop milik ayahnya, tempat dia membenamkan dirinya dalam mitos dan legenda. Ketika Luc, kekasih Evangeline, tiba-tiba mencampakkannya demi saudari tirinya dan akan segera menikahinya, Evangeline sangat ingin menghentikan pernikahan mereka dan mendapatkan Luc kembali. Untuk mewujudkannya, Evangeline meminta bantuan dari salah satu Takdir, yaitu Jacks, the Prince of Hearts. Jika ada yang bisa membantunya, Evangeline yakin bahwa Jacks-lah orang yang tepat. Dan Evangeline bersedia membayar berapa pun harga yang Jacks minta. Evangeline tahu bahwa tawar-menawar apa pun yang dia buat dengan Takdir akan mengubah hidupnya untuk selamanya. Dan satu hal yang Evangeline tidak tahu, apakah perubahan itu akan menjadi baik atau buruk.

Once upon a Broken Heart, yang ditulis oleh Stephanie Garber, adalah seri pendamping baru yang masih menggunakan latar belakang seri populer Caraval. Bernuansa dongeng dan magis, seri ini mampu menyihir pembaca untuk larut dalam kisah cinta Jacks dan Eva. Bagi kamu yang menyukai novel fantasi ringan dengan tema cinta, buku ini cocok untuk kamu baca.

 

Itu dia lima buku fiksi yang dapat membuat kamu jatuh cinta dengan membaca. Sebuah alternatif hiburan untuk kamu yang memiliki waktu luang dan ingin kabur sejenak dari realitas. Kira-kira, buku mana yang paling cocok dengan seleramu?

 

Sumber: https://the-digital-reader.com/infographic-world-reading-habits-in-2020/