Search
Close this search box.

Tiga Urutan Pertama Masakan Indonesia yang Mendunia

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ragam budaya, bahasa, hingga menu masakan. Ada banyak masakan Indonesia yang rasanya sangat lezat. Perpaduan unik antara rempah- rempah, tekstur, dan kekayaan budaya menjadi daya tariknya. Berikut adalah tiga urutan pertama masakan Indonesia yang mendunia:

 

Nasi Goreng: Simfoni Rasa Dalam Wajan

Saking ikoniknya, nasi goreng acapkali menjadi masakan yang pertama disebut orang asing jika ditanya masakan Indonesia apa yang menjadi kesukaan mereka. Varian nasi goreng pun banyak, ada nasi goreng kampung, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng ikan asin, nasi goreng aceh, nasi goreng babat, dan lain-lain. 

 

Selain nikmat, proses memasak nasi goreng pun mudah. Biasanya nasi goreng dihidangkan untuk sarapan atau kuliner malam hari, tetapi banyak juga yang menjadikan nasi goreng sebagai menu makan siang bahkan menjadi menu bekal anak ke sekolah. Selain membuat sendiri, nasi goreng juga mudah dibeli di berbagai tempat. Mulai dari penjual gerobak yang berjajar di pinggir jalan, di mal, di kafe, hingga di hotel berbintang lima. 

 

Nasi goreng jelas memiliki aroma harum yang menggugah selera, diperkaya dengan kenikmatan kecap, rasa pedas, dan berbagai topping, nasi goreng menyatu membentuk simfoni rasa yang mencerminkan keragaman bahan-bahan di Indonesia. 

 

Sate: Setusuk Sajian Kelezatan

Siapa yang tidak tergoda dengan aroma sate di pinggir jalan? Sate disajikan dengan cara menusuk daging pada tusukan sebesar lidi, lalu dibakar, dan dibumbui dengan bumbu kacang atau kecap. Sate sangat mudah untuk didapatkan di Indonesia. Bahan dasar sate adalah daging, baik daging ayam, kambing, kelinci, atau kerbau. 

 

Di Indonesia, sate memiliki banyak varian yang mewakili setiap wilayah dengan keunikannya masing-masing. Ada sate padang, sate madura, sate tegal, sate klathak, sate lilit, sate ponorogo, sate ambal, dan sate buntel. Keanekaragaman tersebut menunjukkan kepiawaian teknik mengolah makanan di Indonesia. Terlebih, sate adalah makanan yang sungguh memikat, baik dari segi rasa, aroma, hingga penyajiannya.

 

Rendang: Sebuah Cita Rasa Rempah-Rempah Indonesia

Olahan daging yang berasal dari Minangkabau ini telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai salah satu hidangan terlezat di dunia. Bukan hanya enak, kemampuan meracik rempah-rempah dan proses memasak rendang merupakan karya seni. Bahan dasar rendang adalah daging sapi, santan, cabai, dan berbagai rempah lainnya. 

 

Karena rasanya yang kompleks, apalagi ditambah dengan sepiring nasi hangat, rendang jelas menjadi salah satu masakan yang dikenal dan disukai oleh banyak orang. Rendang yang tidak cepat basi juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia.

 

Dunia kuliner memang dunia yang lezat dan beraneka ragam. Tidak hanya berbicara kuliner di Indonesia saja, tetapi juga kuliner dari seluruh penjuru dunia. Dan akan menjadi kepuasan tersendiri kalau kita bisa meracik menu seperti yang dilakukan oleh Klub MATCHA. Keandalan mereka menciptakan menu bahkan mengantar mereka ke kompetisi bergengsi di Paris, lho. Keren, yah!

Mau tahu menu apa saja yang mereka ciptakan? Ikuti petualangan seru mereka hanya di seri Komik MATCHA.

Dapatkan Seri Komik Matcha di Mizanstore Official!