7 Cewek Tangguh dalam Serial Novel Fantasi (Bagian 2)

Setelah tulisan 7 Cewek Tangguh Dalam Serial Novel Fantasi, ternyata banyak masukan (dan protes! :D) kalau ada cewek-cewek tangguh lain yang belum masuk di daftar. Jadi, mari simak bagian kedua ;)7 Cewek Tangguh dalam Serial Novel Fantasi (Bagian 2)

Annabeth Chase (Percy Jackson & the Olympians – Rick Riordan)
Sumber: Foto Google

Annabeth Chase (Percy Jackson & the OlympiansRick Riordan)
Rickson Gracie, seorang atlet Jiu-Jitsu asal Brazil pernah berkata bahwa ‘tubuh yang kuat memang sebuah aset yang bagus, tapi pikiran yang kuat adalah aset yang lebih bagus’. Senjata utama Annabeth bukanlah tubuh yang kuat atau pedang yang tajam. Sebagai putri Dewi Athena, senjata utama yang membuat Annabeth berhasil mengalahkan monster dan menyelesaikan misi adalah otaknya yang cerdasnya dan pikirannya yang bijaksana.

Hester Shaw (Mortal EnginesPhilip Reeve)
Ketangguhan cewek dari seri Mortal Engine” ini memang luar biasa. Saat masih berusia tujuh tahun, Hester sudah berani mengadang sosok yang berusaha membunuh ibunya. Meskipun pada akhirnya ia tak berhasil menyelamatkan ibunya dan malah mendapat codet melintang di wajahnya, Hester tidak menyerah. Ia mendedikasikan hidupnya untuk menuntut keadilan atas kematian kedua orangtuanya.

Shahrzad “Shazi” al-Khayzuran (The Wrath & The Dawn – Renee Ahdieh)
Seperti Hester, hidup Shazi mulai berubah sejak kematian salah satu orang terdekatnya. Shiva, sahabat Shazi adalah salah satu korban kebiadaban Khalid Ibn al-Rashid, seorang khalif muda di Khorasan. Untuk membalaskan dendamnya, Shazi mengajukan diri sebagai mempelai wanita untuk Khalid. Setiap malam, ia menuturkan berbagai kisah pengantar tidur sambil menanti peluang untuk menghabisi nyawa Khalid.

Theresa “Tessa” Gray (Infernal Devices – Cassandra Clare)
Berbeda dengan Shazi, hidup Tessa pada awalnya mulai berubah bukan karena keputusannya sendiri. Sebagai seorang yatim piatu, Tess pergi dari New York ke London untuk menyelamatkan kakaknya yang hilang. Sejak itulah Tessa terlibat dalam kehidupan dunia bawah di London, menemukan identitas dirinya yang sesungguhnya, dan bertarung melawan ‘kegelapan’ di Era Victoria.

June Iparis (Legend – Marie Lu)
Sumber: Foto Google

June Iparis (Legend – Marie Lu)
Konon, di belakang cowok tangguh pasti ada cewek yang tangguh juga. Tapi, kata siapa cewek harus selalu ada di belakang? Ketika ditunjuk menjadi Princeps dan mendampingi sang Elektor, June membuktikan bahwa dirinya mampu memimpin pergerakan di tengah gejolak politik yang terjadi.

Samirah “Sam” al-Abbas (Magnus Chase & the Gods of Asgard – Rick Riordan)
Sumber: Foto Google

Samirah “Sam” al-Abbas (Magnus Chase & the Gods of AsgardRick Riordan)
Tidak kalah keren dari Annabeth, ketangguhan cewek berhijab dari salah satu tulisan Om Rick ini juga patut diacungi jempol. Meskipun ia kerap dijahati dan dipanggil ‘teroris’ oleh teman-temannya, Sam tetap berusaha menolong mereka ketika sekolahnya diserang oleh raksasa. Atas keberaniannya itulah Odin menawarkan posisi ‘Valkyrie’ kepada Sam, dan mengutusnya untuk menjemput Magnus Chase.

Linh Cinder (The Lunar Chronicles – Marissa Meyer)
Seperti Sam yang pernah dikucilkan karena hijabnya, Cinder kerap diperlakukan berbeda karena fisiknya. Selain karena bekas luka bakar, perbedaan fisik Cinder juga tampak pada lengan dan kaki kirinya yang terbuat dari metal. Sebagai setengah cyborg, Cinder tidak bisa menunjukkan emosinya dengan baik. Ia tidak bisa menangis atau bahkan tersipu malu. Tapi bukannya merasa minder, Cinder justru memanfaatkan semua perbedaan itu untuk menggulingkan Ratu Levana yang lalim dari singgasananya.

Selain ketujuh nama di atas, tentunya masih banyak cewek-cewek tangguh dalam serial novel fantasi. Apakah tokoh favoritmu sudah masuk dalam daftar ini? [Rfd]

Jessica Townsend: 10 Tahun Menulis Nevermoor!

22/11/2018

Curiosity House: Kolaborasi Ciamik Ayah-Anak Menulis Buku

22/11/2018

Leave a Reply