3 Tips Gigi Sehat ala Cican

“Aduuuh … aduuuh …,” keluh Cican saat bangun tidur.

“Cican, kamu kenapa?” tanya Bunda Mimi heran.

“Gigi Cican sakit, Bunda,” jawab Cican.

 

Setelah dibujuk Bunda, akhirnya Cican mau pergi ke dokter gigi. Di klinik, dokter memeriksa gigi Cican. Ternyata, gusi Cican bengkak akibat sisa-sisa makanan yang tertimbun. Gigi Cican pun dibersihkan dan diobati agar rasa sakitnya reda.

Duuuh, sakit gigi memang tidak menyenangkan, yah. Baik orang dewasa atau anak-anak pasti akan menderita sekali bila sedang sakit gigi. Lihat saja Cican, tidurnya tidak tenang karena giginya nyut-nyutan.

Dari buku Waaah! Gigi Cican Sakit!, kita tahu bahwa salah satu penyebab sakit gigi adalah timbunan sisa makanan yang tidak dibersihkan. Sisa makanan yang menumpuk itu akan membusuk dan menciptakan bakteri jahat. Nah! Bakteri jahat inilah yang menggerogoti pertahanan gigi sehingga gigi jadi busuk, rapuh, dan berlubang.

Sakit gigi rentan menyerang anak-anak berusia 6-11 tahun dan pada remaja berusia 12-19 tahun. Pemicunya tak lain karena kegemaran anak-anak  terhadap makanan manis. Ditambah lagi, rasa malas untuk membersihkan gigi sehabis makan.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah sakit gigi. Dan semakin dini dilakukan, akan semakin baik.

 

  1. Rutin mengunjungi dokter gigi

Mengunjungi dokter gigi tidak perlu menunggu sampai gigi kita sakit. Pemeriksaan rutin akan sangat berguna untuk memantau keadaan gigi kita. Semakin awal gejala tidak sehat dari gigi kita ditemukan, semakin cepat penanganannya.

  1. Rutin membersihkan gigi

Membersihkan gigi bisa dilakukan dua kali sehari, pada pagi hari dan sebelum tidur. Akan lebih baik lagi bila dilengkapi dengan berkumur menggunakan mouthwash.

  1. Mengurangi konsumsi makanan manis

Siapa yang tidak suka makanan manis? Hampir semua orang menyukainya. Tapi ternyata, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa mempercepat pembusukan gigi kita. Ditambah lagi kalau kita malas untuk membersihkannya. Boleh saja, makan manis asal tidak lupa menggosok gigi setelahnya. Dan ingat, sebaiknya menghindari makan manis menjelang tidur, ya.

Menjaga kesehatan gigi ternyata mudah, ya.

Kalau Cican bisa, kalian pasti juga bisa! [Ajeg Nuraini]

Misteri Hilangnya Wanita di Kabin Sebelah

10/10/2018

Sang Ratu Merah

10/10/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *