Tentang

Penerbit Noura merupakan salah satu penerbit di dalam Kelompok Mizan. Dibentuk pada awal tahun 2012 dan berkantor di Jakarta, Noura telah menerbitkan ratusan buku lokal maupun terjemahan yang populer di kalangan pembaca. Noura menerbitkan buku dari berbagai genre, untuk beragam segmen pembaca, dari anak, fiksi, sampai nonfiksi. Berikut beberapa judul penting yang pernah Noura terbitkan.

Anak

Berkisar dari boardbook, picture book, sampai paket-paket belajar yang menyenangkan, buku anak Noura selalu berusaha menggabungkan keindahan ilustrasi, keseruan cerita, dan keluasan manfaat. Dari seri Nabil & Naura, Fun Cican (Wahyu Aditya), Goyi Pipi (Jacky Cahyadi & Irmalia Sutanto), Odong-Odong Dongeng (Iput & Oyas), yang merupakan karakter asli Indonesia, sampai Tayo, Rainbow Ruby, dan Cloud Bread yang merupakan karakter Korea yang disukai oleh anak-anak dan ditayangkan animasinya di TV. Noura juga menerbitkan picture book legendaries dari Bapak Dongeng Indonesia, Suyadi alias Pak Raden, yakni Seribu Kucing untuk Kakek dan Pedagang Peci Kecurian; serta dari penulis sekaligus illustrator Clefiena, yakni Oh! Si Burung Hantu, A untuk Astronaut, dan 123 Selamatkan Teman-teman Bima. Demi menggalakkan literasi anak usia dini, Noura juga kerap bekerja sama dengan lembaga lain, misalnya pada 2019 dengan Room to Read untuk menerbitkan lima buku anak berkualitas tinggi, Hus! Hus! (Izzah Annisa & Aprilia Muktirina), Kejutan Kungkang (Andina Subarja), Sihir Otir (Dian Onasis & Gery Adams), Aku si Penjaga Sawah (Lia Herliana & Odilia Stevannie), dan Niabai si Pemintal (Wikan Satriati & Ilman Fahmi). Di samping buku-buku reguler tersebut, Noura juga menerbitkan produk-produk premium berkualitas yang dipasarkan secara direct selling, seperti Learning Islam for Kids, FUNtastic Learning with Nabil & Naura, dan SabaQu. Ketiganya merupakan sarana belajar sekaligus bermain yang sangat disukai anak serta orangtua.

 

Fiksi

Dari karya sastra sampai thriller dan romance remaja, Noura menerbitkan naskah-naskah yang menghibur sekaligus bisa mendatangkan hikmah bagi pembaca, beberapa di antaranya adalah: Orang-Orang Bloomington (Budi Darma), bersama dua karya lainnya yakni Olenka dan Rafilus, yang merupakan karya-karya penting dalam kesusastraan Indonesia; Petang Panjang di Central Park (Bondan Winarno); Dunia Sukab (Seno Gumira Ajidarma); Sepatu Dahlan (Khrisna Pabichara), buku satu dari trilogi yang terinspirasi dari kisah Dahlan Iskan yang telah terjual hingga ratusan ribu eksemplar, dan diadaptasi menjadi film; Athirah (Alberthiene Endah), novelisasi ibunda Jusuf Kalla yang telah difilmkan oleh Miles Film; Kartini (Abidah El-Khalieqy), novelisasi dari film yang disutradarai Hanung Bramantyo; The Black Cat dan The Raven (Edgar Allan Poe) karya klasik dunia yang masih disukai pembaca masa kini, Different Seasons (Stephen King); Uncommon Type (Tom Hanks); The Girl on the Train dan Into the Water (Paula Hawkins); Heart Shaped Tears (Ku-Hye Sun) dan The Plotters (Un-Su Kim), beberapa terjemahan Korea yang Noura terbitkan; Seri Urban Thriller dan Seri Urban Romance, yang mengangkat karya-karya penulis muda Indonesia.

 

Nonfiksi

Noura menerbitkan beragam tema seperti parenting, self-help, psikologi praktis, dan agama. Beberapa karya terjemahan yang Noura terbitkan adalah Becoming (Michelle Obama), yang mencetak penjualan fenomenal di seluruh dunia; Man’s Search for Meaning dan The Will to Meaning (Viktor Frankl), buku klasik psikologi dalam bentuk memoar; The Read Aloud Handbook (Jim Trelease); Keep Going (Austin Kleon); Think Like a Freak (Steven D. Levitt & Stephen J. Dubner), juga karya penulis Indonesia seperti Ayah Edy Menjawab dan beberapa judul lain karya Ayah Edy, Anak Juga Manusia (Angga Setyawan); Happiness Inside dan 99 Wisdom (Gobind Vahsdev); Membacakan Nyaring (Roosie Setiawan), seorang praktisi literasi dan read aloud. Sementara itu, buku-buku agama Noura memperkuat semangat Kelompok Mizan, yakni mendorong tumbuhnya masyarakat Islam Indonesia yang penuh welas asih dan toleransi dengan karya-karya populer Haidar Bagir, Emha Ainun Najib, Nadirsyah Hosen (Gus Nadir), Maman Suherman (Kang Maman), Husein Ja’far Al-Hadar selain menerbitkan terjemahan karya ulama legendaris seperti Al-Ghazali, Al-Buthy, Imam Syafi’i, dan masih banyak lagi.

Noura  ingin terus aktif berpartisipasi dalam meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan anak-anak, menggalakkan read aloud atau membacakan nyaring di kalangan orangtua, serta menyediakan bacaan yang populer sekaligus bermutu untuk khalayak umum, dan untuk tujuan inilah Noura juga dengan senang hati akan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas serta lembaga yang sesuai.[]