Seri Klasik untuk Pecinta yang Antik-Antik

Sejarah boleh berganti, tetapi percik-percik keindahan akan abadi melintasi generasi. Begitulah kira-kira kalimat yang sesuai untuk menggambarkan novel-novel klasik yang kisahnya tidak lekang oleh waktu. Romansa yang dikisahkan pada novel klasik memang selalu berhasil menyentuh hati para pembacanya dan tentunya punya peranan besar terhadap perkembangan fiksi bergenre romansa yang kita kenal pada masa kini. Buat kalian para pecinta romansa klasik, berikut novel-novel klasik dengan kisah cinta menggelitik yang pastinya akan sukses membuat kamu baper. Yuk, simak!

1. A Lady in Disguise

A Lady in Disguise merupakan novel karya novelis Inggris, Georgette Heyer. Heyer sendiri merupakan novelis sejarah yang paling dicintai dan dikenal dengan spesialisasinya dalam menulis kisah berlatar belakang zaman Regency (1881-1937). A Lady in Disguise dimulai dengan kisah Sir Richard Wyndham yang akan dijodohkan dengan seorang wanita yang tidak ia cintai. Ketika ia sedang berjalan pulang dalam keadaan setengah mabuk, seorang pemuda jatuh kedalam pelukannya setelah melompat dari jendela lantai dua sebuah rumah. Yang mengejutkan adalah pemuda tersebut ternyata merupakan seorang wanita yang sedang menyamar. Tak ingin wanita tersebut berjalan sendirian di tengah malam, Sir Richard memutuskan untuk mengawal gadis tersebut yang ternyata bernama Pen Penelope. Dalam perjalanan, mereka menemukan banyak masalah yang tidak terduga, dari masalah kereta yang terperosok di parit, bertemu dan berkenalan dengan pencuri, hingga terjebak dalam kasus pembunuhan. Selain itu, risiko besar akan skandal mengintai mereka, membuat Sir Richard terpaksa melamar Pen.

Baca juga: Georgette Heyer, Penulis Multigenre

2. Lady of Quality

Annis Wychwood, seorang wanita cantik dan kaya, yang bertekad melajang seumur hidupnya berubah pikiran ketika ia bertemu dengan Lucilla. Naluri keibuan Annis muncul tiap kali ia melihat gadis belia tersebut sehingga ia ingin merawatnya. Namun, Oliver Carleton, paman Lucilla, tidak mengizinkan Lucilla untuk tinggal bersama Annis yang merupakan orang asing bagi mereka. Terlepas dari citranya yang terkenal sinis, kasar dan suka mempermainkan wanita, Oliver ternyata berhasil membuat Annis menemukan ketertarikan yang belum pernah ia rasakan sebelumnya terhadap pria manapun. Wah, gimana, penasaran kan?

3. The Grand Sophy

Kedatangan sosok Sophy ke dalam keluarga Ombersley membuat keluarga dari ayahnya itu terkejut. Gadis yang sering disebut-sebut sebagai gadis mungil, mandiri dan tidak pernah berulah tersebut ternyata memiliki tinggi 175 sentimeter dan sudah membuat kegaduhan di hari pertama kedatangannnya. Ia memberi hadiah seekor monyet untuk para sepupunya, membawa anjing greyhound peliharaannya dan ingin menyewa istal untuk kuda-kuda miliknya. Hanya butuh waktu sehari untuk Sophy mengenal keluarga tersebut yang ternyata punya banyak masalah, mulai dari kisah percintaan yang rumit hingga utang yang melilit. Ia membantu mereka untuk menyelesaikan masalah yang sayangnya selalu berakhir memancing skandal. Inilah yang membuat Charles, putra sulung Ombersley, ingin segera mencarikan suami untuk Sophy. Membaca novel ini dijamin nggak akan bosan deh!

Baca juga: Rumah-Museum Jane Austen

4. A Room with A View

Novel karya E.M Foster ini berkisah tentang perjalanan seorang Lucy yang bertemu cinta sejatinya di Italia. Meski pertemuan itu sempat tak direstui dan hati Lucy sempat merasa ragu akan perasaannya, takdir telah menuntunnya menuju kebahagiaan. Novel ini sudah diadaptasi ke dalam film yang kemudian meraih banyak penghargaan termasuk Oscar,lho! Yuk, baca!

5. Frederica

Setelah kedua orangtuanya meninggal dunia, Frederica, putri sulung keluarga Merrivile, merasa bertanggung jawab mengurusi adik-adiknya. Ia meminta bantuan sepupu jauhnya yang merupakan bangsawan kaya yang terkenal angkuh, Lord Alverstoke, untuk memperkenalkan sang adik yang berparas jelita kepada kalangan atas. Ia berusaha melakukan apapun agar adiknya-adiknya mendapatkan kehidupan layak karena baginya kebahagiaan mereka merupakan kebahagiannya. Namun, Frederica justru terlibat dalam percintaan dengan Lord Alverstoke. Dari pengorbanan seorang kakak untuk adik-adiknya hingga kisah cinta yang mendebarkan dan menggelitik, semuanya bisa kamu temukan dalam novel ini. Novel ini sendiri mendapat rating 4,2 di situs Goodreads, lho!

Nah, itu dia novel-novel klasik yang tentunya sayang banget kalau dilewatkan apalagi oleh kamu yang suka romansa klasik. Selamat membaca!

 150 total views,  54 views today