Membaca Nyaring Ternyata Penting!

Bagaimana caramu membaca novel? Membacanya dengan nyaring atau di dalam hati? Sebagian besar dari kita mungkin cenderung memilih untuk membacanya di dalam hati karena bisa lebih fokus serta lebih menghayati. Selain itu, kita mungkin merasa malu jika harus membaca sesuatu keras-keras dan didengar oleh orang-orang di sekitar kita. Namun tahukah kamu, membaca nyaring pun punya beberapa manfaat, lho. Ingin tahu apa saja? Langsung saja gulirkan ke bawah!

 

1. Meningkatkan Kefasihan, Pemahaman, serta Cara Berpikir Kritis pada Anak

Sebagai orang tua, ternyata membacakan cerita kepada anak itu memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang sang anak, lho, di antaranya untuk meningkatkan kefasihan berbicara, pemahaman, serta cara berpikir kritis pada diri mereka. Dengan orang tua membacakan cerita secara nyaring dengan rutin, maka anak seiring waktu akan terbiasa mendengar beragam kata serta cara pengucapannya, maka tanpa kita sadari, memori tersebut akan terekam pada sang anak dan secara tidak langsung, meningkatkan kefasihan sang anak kala berbicara.

Selain itu, pemahaman serta cara berpikir kritis pada anak pun dapat ditingkatkan dengan cara memancing rasa penasaran anak agar ia mulai bertanya dan berdiskusi dengan kita saat tengah membaca buku. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga tugas orang tua adalah untuk memuaskan rasa ingin tahu tersebut, dan tentunya, dengan membacakan buku pada anak secara lantang, diskusi-diskusi ringan akan terbentuk mengenai cerita dan hal itu dapat membangun pemahaman anak dan melatih anak untuk berpikir kritis.

 

2. Meningkatkan Fokus serta Keragaman Diksi bagi Orang Dewasa

Selain untuk anak, membaca nyaring pun memiliki manfaat untuk orang dewasa, lho! Membaca nyaring ternyata dapat meningkatkan fokus kalian ketika membaca, terbukti ketika kalian tengah menghafalkan sesuatu namun di sekitar kalian cukup bising, maka secara tidak sadar, kalian akan langsung membaca hafalan kalian dengan nyaring bukan? Ya, dengan membaca nyaring, kalian dapat lebih fokus pada bacaan dan cenderung lupa akan keadaan sekitar kalian.

Selain itu, membaca nyaring juga dapat meningkatkan keragaman diksi yang kalian miliki. Kalian tentu pernah mengetahui suatu kata, namun tidak yakin perihal cara pengucapannya bukan? Ketika kalian membacanya di dalam hati, secara tidak sadar, kalian cenderung tidak memikirkan hal-hal semacam ini sebab semua berpusat pada apa yang teks itu berusaha sampaikan, dan asalkan kalian mengerti arti dari teks itu sendiri, maka itu sudah cukup. Namun ketika kalian membacanya secara nyaring, kalian dapat lebih merasa familier pada kata-kata yang mungkin sebelumnya belum terlalu kalian ketahui.

 

Baca juga: Membacakan Nyaring untuk Orang Dewasa?

 

3. Mengurangi Gagap

Gagap merupakan salah satu gangguan bicara di mana si pembicara mengulang-ulang suara, suku kata, atau bahkan kata itu sendiri ketika berbicara. Tidak ada cara pengobatan pasti untuk mengatasi gangguan ini, namun membaca secara nyaring adalah salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini. Dengan membaca secara nyaring, seseorang akan melihat secara langsung kata-kata yang perlu diucapkan, sehingga otak mendapat gambaran pasti akan cara pengucapan hal tersebut, dan lama kelamaan, orang tersebut akan terbiasa dengan hal itu. Namun, akan lebih baik untuk membacanya dengan tidak terburu-buru sebab hal tersebut dapat mengurangi stres dan rasa panik yang menjadi salah satu penyebab gagap. Maka dari itu, membaca secara nyaring dan tidak terburu-buru dapat membuat seseorang menjadi terbiasa dan nyaman dengan apa yang ia katakan. Kata-kata yang tertulis pada buku membuat otak lebih mudah untuk bekerja agar kita dapat menyuarakannya dengan sesuai, serta membaca dengan tidak tergesa-gesa tentunya dapat membuat seseorang lebih tenang dan tidak panik sehingga dapat mengurangi gagap.

 

4. Menyembuhkan Penyakit Afasia

Kalian pernah dengar tentang penyakit afasia? Afasia adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya sulit untuk berkomunikasi. Penyebab paling umum dari penyakit ini adalah cedera kepala atau stroke. Lantas, mungkinkah membaca dengan nyaring dapat membantu untuk mengatasi penyakit ini? Jawabannya ya! Menurut Bill Connors, ahli di bidang teknologi dan neurosains, Simultaneous Reading and Listening (SRL) berperan besar dalam kesembuhan para pengidap afasia. Metode ini melibatkan teknologi dengan fitur baca teks sehingga dapat membaca secara otomatis dengan nyaring buku-buku elektronik yang telah disimpan di sana. SRL bekerja dengan cara para pengidap membaca buku elektronik bersamaan dengan fitur baca teks pada teknologi tersebut yang membaca bukunya dengan nyaring, dan hal ini terbukti mampu membantu para pengidap untuk menyinergikan antara apa yang mereka baca dan bagaimana cara mengucapkannya. Bill menambahkan bahwa SRL bekerja lebih efektif ketika terdapat fitur highlight pasa kata yang tengah diucapkan, dan ini membuktikan bahwa visual dari kata-kata tersebut dapat membantu seseorang untuk memproyeksikan apa yang harus mereka suarakan tentang kata itu.

 

Baca juga: Pangeran dan Putri yang Suka Dibacakan Buku

 

Jadi, bagaimana menurut kalian? Ingin mencoba membaca nyaring dan mencoba sendiri perbedaan sensasinya? Atau tetap pada cara lama dengan membaca di dalam hati? Menurur Minou sih tidak ada salahnya dicoba, apa lagi dengan segudang manfaat yang dapat kamu dapatkan dari membaca nyaring. Tunggu apa lagi? Silakan dicoba! Hitung-hitung menambah daftar kegiatan menyenangkan yang dapat kalian lakukan di masa PSBB ini!

Oleh: Dhiwangkara

Referensi

Chris, O (2013). Reading Aloud – How to Help Kids Succeed: Teach Your Child to Read To Others. Retrieved 24 September 2020, from https://www.speechbuddy.com/blog/language-development/reading-aloud-how-to-help-kids-succeed/

Ciccarelli, S. (2020). 7 Benefits of Reading Out Loud That Improve Your Life | Voices.com. Retrieved 24 September 2020, from https://www.voices.com/blog/7_ways_reading_aloud_improves_your_life/

Leonard, J. (2019). How to stop or reduce stuttering: Management tips. Retrieved 24 September 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/321995#quick-tips

How to Overcome Stuttering: Strategies and Tactics. (2016). Retrieved 24 September 2020, from https://www.learning-loft.com/blogs/learning-loft-blog/how-to-overcome-stuttering-strategies-tactics

Connors, B. (2020). Ask An Expert: Oral Reading Tasks In Aphasia Therapy – HomeCEUConnection. Retrieved 24 September 2020, from https://www.homeceuconnection.com/blog/ask-expert-oral-reading-tasks-aphasia-therapy/

 8 total views,  4 views today