Mengatasi Gawat Darurat Pada Anak

Anak adalah generasi emas penerus bangsa. Anak yang sehat dan tangguh merupakan investasi masa depan. Apabila anak tumbuh dan berkembang secara optimal, kita akan mempunyai generasi yang tangguh di masa yang akan datang. Permasalahannya, anak yang aktif tidak pernah lepas dari keadaan gawat selama diasuh oleh orangtua di rumah.

Keadaan kegawatdaruratan pada anak yang terjadi di rumah sering kali membuat orangtua atau pengasuh panik, bingung, dan tidak tahu harus berbuat apa. Permasalahan kegawatan pada anak di rumah bukan hanya problem orangtua atau pasangan muda yang baru memiliki anak saja, tetapi merupakan permasalahan orangtua secara umum.

Baca Juga: Kesalahan-Kesalahan Mendidik Anak

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan tentang kegawatdaruratan pada anak di rumah. Orangtua membutuhkan guideline yang jelas dari ahlinya. Buku ini hadir untuk memberikan guideline sederhana dalam menghadapi kegawatdaruratan pada anak di rumah yang ditulis oleh ahlinya.

Banyak literatur yang telah ditulis untuk membantu mengatasi permasalahan kegawatan pada anak. Hanya saja, biasanya merupakan terjemahan dari buku-buku asing. Buku ini ditulis secara Indonesia”, artinya isi dalam buku ini disesuaikan dengan keadaan budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Saya sebagai penulis, dengan latar belakang dokter spesialis anak mencoba memaparkan tip dan trik sederhana dalam menghadapi kegawatan pada anak yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

mengatasi-gawat-darurat-pada-anak

Untuk lebih mengena dan lebih mudah dipahami oleh pembaca, saya sebagai penulis berusaha menggunakan bahasa “awam” dalam menerjemahkan dan menginformasikan segala sesuatu tentang permasalahan kegawatan pada anak. Literatur-literatur kedokteran yang rumit dan kompleks sebagai dasar ilmiah penulisan di dalam buku ini, saya coba terangkan dengan bahasa “awam” dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Sebagai seorang dokter anak, saya berusaha memberikan informasi secara detail kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami. Kapan orangtua sebaiknya mengenali permasalahan kegawatan pada anak di rumah dan kapan orangtua bisa melakukan hal sederhana terhadap permasalahan kegawatan pada anak di rumah, sebelum merujuk kepada dokter? Kapan pula orangtua harus secepatnya merujuk ke dokter?

Dokter umum pun bisa menggunakan buku “Mengatasi Gawat Darurat pada Anak” sebagai bahan edukasi terhadap pasien yang ada di praktik pribadinya. Besar harapan saya, buku ini dapat digunakan oleh masyarakat dan tenaga kesehatan sebagai semacam guideline sederhana untuk mengenali kegawatan pada anak di rumah.

10 Quotes Inspiratif Yasmin Mogahed

28/09/2018

Papillon: Buku Vs Film

28/09/2018

Leave a Reply