Search
Close this search box.

Tentang Palestina dan Genosida: Apa Dukungan yang Bisa Kita Berikan untuk Mereka?

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, genosida yang dialami oleh masyarakat Palestina tengah menjadi perhatian dunia. Penyerangan, blokade, pemindahan paksa penduduk di beberapa wilayah, dan segala bentuk pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina merupakan salah satu tragedi kemanusiaan terbesar dalam sejarah. Atas dasar kemanusiaan, solidaritas masyarakat di seluruh dunia sangat dibutuhkan di tengah situasi yang kompleks ini. Lantas, apa langkah konkret yang bisa kita lakukan untuk memberi dukungan kepada masyarakat Palestina? 

 

Bagikan Informasi Terkini Melalui Media Sosialmu

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat melalui media sosialmu dengan membagikan informasi yang akurat, kampanye daring yang kreatif, atau membuat konten edukatif. Selain itu, kontribusi serupa juga bisa kamu lakukan dengan membuka ruang diskusi bersama orang-orang di sekitarmu. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan berita terkini melalui media-media yang kredibel dan tepercaya. 

 

Mendukung Petisi dan Berpartisipasi dalam Aksi Damai 

Walaupun belum bisa memberi dukungan langsung, bentuk solidaritas juga dapat dilakukan dengan menandatangani petisi yang menyerukan dukungan untuk Palestina. Selain itu, kamu juga dapat berpartisipasi dalam aksi damai yang diinisiasi oleh LSM, organisasi internasional, dan komunitas yang fokus pada isu Hak Asasi Manusia. 

 

Ikut Berdonasi

Selain menelan banyak korban jiwa, gempuran serangan dari Israel juga telah menutup akses masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, sehingga bantuan materi pun sangat dibutuhkan. Kamu dapat berdonasi melalui beberapa organisasi kemanusiaan nasional dan internasional yang kredibel. Bantuan tersebut akan disalurkan dalam bentuk makanan, obat-obatan, pakaian, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. 

 

Melakukan Boikot pada Produk-Produk yang Terafiliasi dengan Israel

Selain menggalang donasi, kampanye global yang juga marak dilakukan adalah menyerukan boikot pada produk-produk yang terafiliasi dan terbukti terlibat dalam aktivitas pelanggaran HAM oleh Israel terhadap Palestina. Kamu bisa mulai mempelajari daftar produk, daftar perusahaan yang menaungi beberapa merek produk melalui situs dan media yang tepercaya. Gerakan boikot ini dapat menjadi tekanan politik dan ekonomi sebagai bentuk perlawanan terhadap Israel. 

 

Sekecil apa pun dukungan yang kita berikan, teruslah mengawal perjuangan panjang masyarakat Palestina untuk merenggut kembali hak-hak yang selama ini dirampas. Untuk Nourans yang ingin memahami sejarah “konflik” yang ada antara dua negara ini lebih dalam, buku yang ditulis oleh Ilan Pappe, seorang sejarawan asal Israel bisa menjadi jawaban. Melalui buku Palestine, The Biggest Prison on Earth: Sejarah Pendudukan Militer Israel di Palestina, kamu dapat mempelajari pergerakan sejarah kolonialisme Israel sejak akhir abad 19 untuk mendapat gambaran yang utuh tentang kondisi yang terjadi di Palestina saat ini.

[PESAN BUKUNYA DI SINI]