loader image

Tentang Universitas Pionir Nusantara

Universitas Pionir Nusantara adalah kampus kekinian yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kampus yang dikenal dengan nama PINUS ini memiliki visual yang Instagramable, lho!
Oh, iya. Kampus PINUS memiliki kafe top dengan menu yang terus berganti, memaksa pelanggan pasrah menerima pesanan. Hm, seru juga nongki-nongki uwu di sini.
Tak tertinggal zaman, Kampus PINUS juga punya forum gosip yang diam-diam dikelola oleh MiNus (adMin piNus).

Kenalan dengan Kami, Yuk!

KARAKTER

DEVAN
NOURA
KIAN
LAUDY
ARU
NETTA
RAY
ARES
ADISTI
ADRIEL
AYASA
OLIVER

PLAYLIST

TIGA MINGGU
SENIOR FROM HELL
EYENOMALY
LOVE SCENARIO
GOODBYE AND GO

Devan Putra Pratama

NICK NAME

Devan

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 23 Maret 2000

SIGN

Aries

STATUS

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

HEIGHT

180 cm

WEIGHT

75 kg

HOBBY

Main basket, baca buku

MOTTO

“Jika kau tak suka sesuatu, ubahlah. Jika tak bisa, maka ubahlah cara pandangmu tentangnya.”

FUN FACTS

  • Menjunjung keadilan.
  • Benda kesukaan adalah bola basket dan buku.
  • Punya jiwa sosial tinggi, makanya mendorong terwujudnya sekolah PINUS untuk anak kurang mampu.
  • Alasan memilih Teknik Elektro adalah karena dia sangat suka berhitung, entah itu fisika ataupun matematika.
  • Beberapa kali ikut perlombaan berhitung (olimpiade atau lomba antarsekolah) dan menang.
  • Banyak yang tidak setuju dengan kematian Tony Stark di End Game, tapi Devan sebaliknya.
  • Main Dota kalau bosan belajar (makanya jarang main Dota).
  • Paling benci orang yang omongannya kosong, seperti gosipin orang lain.
  • Pernah ingin jadi Power Rangers untuk menyelamatkan bumi dari orang jahat.
  • Saat SMP, mau jadi pemain basket yang go international.

Noura Tsabita

NICK NAME

Noura, Nou

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 30 Mei 2002

SIGN

Gemini

STATUS

Mahasiswi Semester 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik

HEIGHT

160 cm

WEIGHT

49 kg

HOBBY

Nonton video NCT dan baca webtoon (penggemar Radi di Zona Maya)

MOTTO

“Build your dreams or someone else will hire you to build theirs.”

FUN FACTS

  • Takut yang namanya disuntik (Dika pernah nakutin Noura dengan bilang jarum suntik bisa patah di dalam daging dan harus dioperasi).
  • Tidak pernah mengaku, tetapi punya ketakutan terhadap hantu.
  • Tim pencinta kulit ayam crispy.
  • Kadang merasa ragu sebagai anak kandung orangtuanya karena Dika selalu bilang Noura ditemukan di tempat sampah.
  • Sayang sama Dika, tetapi ogah mengungkapkan.
  • Pernah terobsesi menjadi Disney princess. Kesukaannya adalah Mulan.
  • Suka dengan hal berbau robot setelah melihat Baymax.
  • Seorang multifandom (ARMY, Nctzen, EXO-L, My Day).
  • Sangat suka warna ungu, sampai dinding dan barang-barang kamarnya didominasi ungu.
  • Selalu bingung kalau disuruh pilih antara karakter Jumin Han atau Seven di Mystic Messenger

Kian Erlangga

NICK NAME

Kian

Bang Yan

PLACE AND DATE OF BIRTH

Bandung, 25 Januari, 1999

SIGN

Aquarius

STATUS

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra

HEIGHT

180 cm

WEIGHT

62 kg

HOBBY

Membaca sambil mendengarkan My Chemical Romance, menulis.

MOTTO

“Seberat apa pun masalah, tidak akan terasa berat jika bukan masalah kita.”

FUN FACTS

  • Kian jago main gitar. Namun, saat menyanyi, kata Laudy suaranya kayak raksasa baru melihat peradaban.
  • Ayahnya memiliki tinggi 178 dan ibunya 172. Kendra 179 dan Kevan 174. Mereka adalah Keluarga Pohon Kelapa.
  • Telah menyukai Inggris dan sastra Inggris bahkan sejak SMP, sejak mengikuti serial Sherlock Holmes.
  • Mulai menulis sejak kelas 3 SMP. Buku detektif.
  • Tidak pernah pacaran karena tidak merasa nyaman dengan cewek-cewek yang mendekatinya. Laudy pengecualian karena dia bukan cewek, tapi kurcaci.
  • Bagi Kian, menjadi anak tengah adalah posisi paling sial. Karena sering menerima lungsuran baju dan mainan kakaknya, Kendra, sementara dia juga harus merelakan mainan-mainan barunya untuk Kevan.
  • Rekor paling produktif Kian: bergadang sampai pagi demi menyelesaikan enam puluh halaman novelnya.
  • Rekor paling tidak produktif: berbaring seharian dan hanya bisa memikirkan Laudy.
  • Baginya, cinta itu tidak nyata dan merupakan pembodohan massal.
  • Laudy? Dia adalah … sahabat. Yang memiliki arti segalanya.

Anindya Laudy

NICK NAME

Laudy, Lodi, Lodeh (kalau Kian yang manggil)

PLACE AND DATE OF BIRTH

Tangerang, 23 September 1999

SIGN

Libra

STATUS

Mahasiswi Semester 5 Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

HEIGHT

157 cm

WEIGHT

44 kg

HOBBY

Rebahan, nonton drama, jalan-jalan di perdesaan (kalau lagi tugas)

MOTTO

“Jika suatu pekerjaan bisa dikerjakan besok, kenapa harus sekarang?”

FUN FACTS

  • Laudy pinter nyanyi. Suaranya dalem ala-ala Adele gitu.
  • Keriting sejak lahir. Pernah di-smoothing waktu SMA dan mamanya sampai enggak ngenalin lagi. Tapi, dibiarin keriting lagi karena Kian hobi banget narik rambutnya sambil ketawa-ketiwi kayak
  • Turtle is her spirit animal.
  • Alasannya kuliah Antropologi adalah biar enggak berasa kuliah, jalan-jalan aja. Alasan yang sesat emang karena kenyataan berbeda dengan ekspektasi. Selain itu, Laudy juga suka banget belajar tentang berbagai budaya daerah.
  • Rekor termager Laudy adalah makan nasi goreng dengan garpu karena malas nyuci sendok.
  • Rekor teraktif Laudy adalah subuh-subuh joging dua kilo cuma buat nyari yang jual mi ayam karena mendadak pengin.
  • Naksir Kak Abim karena selain baik kayak malaikat, dia juga mirip aktor-aktor Korea, huhu.
  • Suka Doraemon karena suka warna biru. Eh, atau suka warna biru karena suka Doraemon? Lupa TT
  • Pernah nangis waktu pertama kali tugas lapangan ke pelosok Jawa Timur karena kangen rumah.
  • Kian? Dia adalah: 1. Sumber makanan. 2. Tempat bersandar. 3. Jari kelingking.

Arundal

NICK NAME

Aru

 

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 5 Januari 2002 

SIGN

Capricorn

 

STATUS

Mahasiswa Semester 1 Jurusan DKV, Fakultas Desain dan Seni Kreatif

HEIGHT

179 cm

 

WEIGHT

72 kg

HOBBY

Gambar dan fotografi

 

MOTTO

“Kamera memang bisa menangkap keindahan ciptaan Tuhan dengan cepat. Namun, lukisan bisa menangkap setiap esensi yang mungkin hanya bisa ditangkap oleh mata.”

FUN FACTS

  • Lebih suka gambar pemandangan daripada manusia. Alasannya pemandangan selalu jujur, manusia tidak.
  • Pernah dimanfaatkan sewaktu muda karena dia genius. Lama-lama enggak percaya sama orang.
  • Percaya bahwa kecerdasannya lahir dari bakat dan kerja keras.
  • Kalau sudah menyukai sesuatu, dia akan mengamati bahkan hal sekecil apa pun. Makanya dia bisa tahu soal panjang rambut Netta, buku yang diinginkan Netta, dll.
  • Punya lesung pipi tipis di kanan. Jarang kelihatan, sih, karena dianya juga jarang senyum.
  • Cemburuan, tapi milih diam.
  • Menguasai aikido. Sempat belajar karate sampai sabuk hijau, tapi merasa tidak cocok hingga pindah ke Aikido.
  • Tubuhnya terbentuk akibat latihan bela diri dan lari. Namun, jangan harap lihat dia buka baju. Dia enggak akan mau buka baju kecuali pas mandi.
  • Enggak peduli sama fesyen. Selama nyaman dipakai aja.

Annetta Shelladhika Putri

NICK NAME

Netta

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 6 Juli 2002

SIGN

Cancer

STATUS

Mahasiswi Semester 1 Jurusan DKV, Fakultas Desain dan Seni Kreatif

HEIGHT

165 cm

WEIGHT

55 kg

HOBBY

Browsing Pinterest dan IG cari ide desain.

MOTTO

“Bakat akan bisa disamai oleh kerja keras yang melimpah.”

FUN FACTS

  • Enggak tertarik sama yang namanya idol dan pacaran. Isi otaknya cuma desain. Paling banter sukanya sama illustrator di Instagram atau DA. Artgerm, misalnya. Style-nya antara realisme dan kartun. Mix style yang Netta suka.
  • Sejak SMP, kebahagiaan terbesarnya kalau bisa menjual jasa desain stiker-stiker lucu kepada teman-temannya atau bikinin sampul Wattpad. Dia ingin membuktikan bahwa desain-desainnya layak jual. Padahal lebih sering dimintai gratis.
  • Dia ditaksir banyak cowok, tapi mental semua oleh “perisai” Ahsan yang galak dan Netta yang cuek bebek sama cowok yang enggak bisa ngegambar atau ngedesain.
  • Sebenarnya suka warna ungu karena Vinny suka lavendel. Netta bener-bener mother complex.
  • Tertarik dengan cowok yang jago dalam seni realisme. Aru salah satunya.
  • Paling enggak bisa bilang TIDAK kepada orang yang minta tolong. Makanya sering dimanfaatin, dimintain bikin desain gratis sejak kecil.
  • Suka ngomong sama foto almarhumah ibunya untuk melepas rindu.
  • Rambutnya kemerahan bukan karena dicat, melainkan karena suka panas-panasan mencari ide desain.
  • Awalnya suka menggerai rambut karena takut rontok. Dia merasa agak seram saat melihat rambut ibunya perlahan rontok karena kemo. Namun, dia akhirnya mengikat rambutnya karena kesusahan sendiri saat jam kuliah.
  • Netta itu suka pakai skincare. Dia bahkan punya alat rias yang lengkap, meski jarang dipakai.

Ray Hidayata

NICK NAME

Ray

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jepara, 2 Februari 2002

SIGN

Aquarius

STATUS

Mahasiswa Semester 1 Jurusan DKV, Fakultas Desain dan Seni Kreatif

HEIGHT

177 cm

WEIGHT

70 kg

HOBBY

Gambar komik

MOTTO

“Kalau jualan di Indonesia enggak laku, lebarkan sayap dan jualan ke luar. Masih banyak kok yang lebih menghargai seni.”

FUN FACTS

  • Ray gonta-ganti pacar bukan karena dia playboy, tapi lebih karena cepet bosen. Kalau ditembak duluan, dia main terima aja.
  • Posesif akut kalau udah jadi pacar. Semua akan di-provide sama dia. Ceweknya bakal berlimpah perhatian dan hadiah.
  • Mantan-mantannya bisa diputusin cuma gegara ngefans sama idol.
  • Enggak bakal selingkuh. Soalnya kalau tiba-tiba Ray naksir cewek lain, pacarnya yang sekarang langsung diputus. Dia enggak bakal membagi perhatian kepada dua orang. Namun, pacar terakhirnya, Denna, menampar sifatnya yang ini. Bahwa kalau emang enggak bisa komit dengan satu orang dan putus cuma gara-gara dadakan naksir orang lain, mending enggak usah pacaran. Temukan satu yang benar-benar ingin dikejar dan bertahan sama cewek itu hingga akhir masa. Sejak itu, Ray belum pacaran lagi sampai dia ketemu Netta.
  • Punya gingsul kecil di kiri. Jarang keliatan, sih.
  • Pantang bikinin gambar buat orang kecuali dibayar atau dia sayang sama orangnya.
  • Rambutnya cokelat karena dicat.
  • Pas kecil suka diejek kriwil. Namun, seiring pubertas, kriwilnya berkurang, tapi rambutnya tetap berombak.
  • Enggak pernah terlalu peduli sama penampilan, tapi memang dia secara alamiah merawat kebersihan dan jatuhnya tetap modis karena suka merhatiin mode baju demi komiknya. Apalagi ditunjang bodi bagus hasil rajin main basket, meski tidak sampai berbentuk ala model.

Ares Aryawan

NICK NAME

Ares

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 7 Juli 1998 

SIGN

Cancer

STATUS

Mahasiswa Semester Akhir Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis

HEIGHT

175 cm

WEIGHT

70 kg

HOBBY

Suka bermain gitar pada waktu luang

MOTTO

Bakat dan koneksi tidak punya arti tanpa kerja keras

FUN FACTS

  • Angkuh karena membatasi diri dari penggemar, terutama cewek-cewek yang mengejarnya.
  • Suka menyendiri karena lelah dengan keramaian.
  • Suka laut.
  • Menyukai Adisti yang lembut dan pengalah.
  • Berniat menyelesaikan skripsi setelah bertemu Adisti.
  • Gayanya campuran cuek dan angkuh
  • Berusaha putus dengan Isabel baik-baik karena hafal dengan sifat Isabel yang nekat.

Adisti Melania

NICK NAME

Adisti

PLACE AND DATE OF BIRTH

Bandung, 2 September 2001

SIGN

Virgo

STATUS

Mahasiswi Semester 3 Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis

HEIGHT

169 cm

WEIGHT

55 kg

HOBBY

Berakting, menyanyi, dan membaca

MOTTO

Selalu memberikan yang terbaik dalam bidang apa pun.

FUN FACTS

  • Suka menghafal dialog di depan cermin.
  • Demen ngoleksi buku.
  • Gampang grogi.
  • Adisti sebenarnya pemalu, tetapi punya bakat dan minat dalam bidang akting dan menyanyi.
  • Sifat pemalunya sering jadi hambatan saat audisi, tetapi setelah sepenuhnya memerankan karakter yang harus dia mainkan, akan terlihat talenta Adisti yang sebenarnya.
  • Sebisa mungkin menghindari konflik, bahkan kadang-kadang berakhir dengan merugikan dirinya sendiri.
  • Awalnya ragu menjadi pacar pura-pura Ares, tetapi cowok itu berhasil membuatnya nyaman.
  • Adisti naksir Ares, tetapi menahan diri karena keberadaan Isabel.

Adriel Angkasa

NICK NAME

Adriel

(panggilan umum)

Riel 

(panggilan dari orang-orang terdekat)

El 

(panggilan khusus dari Ayasa dan keluarga cewek itu)

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 16 November 2000 

SIGN

Scorpio

STATUS

Mahasiswa Semester 3 Jurusan Jurnalistik, Fakultas Komunikasi

HEIGHT

178 cm

WEIGHT

68 kg

HOBBY

Baca buku, nonton film, main game, main alat musik (gitar), menyanyi, memasak

MOTTO

“Kejujuran adalah segalanya, bahkan meski itu menyakitkan.”

FUN FACTS

  • Adriel itu aslinya anak mami. Dalam arti, dia enggak bisa jauh dari sosok ibu. Sangat dekat dengan almarhumah Ratna. Maka dari itu, sewaktu Ratna meninggal dalam sebuah kecelakaan hebat, Adriel yang paling merasa kehilangan.
  • Dari TK sampai sekarang, Adriel enggak pernah nangis (sewaktu bayi, mah, enggak masuk hitungan). Tangis pertama dan terakhirnya enggak lain adalah pas momen Ratna dimakamkan. Tepatnya saat jenazah Ratna diturunkan dan azan dikumandangkan.
  • Menolak fakta bahwa dirinya terkenal. Selain terkenal di lingkungan sekolah sewaktu SMP-SMA, dan di kampus, Adriel juga terkenal di media sosial. Sering ditawari buat endorse, tapi semua ditolak. Aneh aja menurut dia.
  • Kalau ada masalah dan terbukti itu karena dirinya, Adriel sulit buat bilang maaf. Adriel lebih memilih membiarkan masalah itu selesai dengan sendirinya.
  • Tipikal cowok yang kalau udah sayang banget sama seseorang, dia bakal jadi protektif berlebih, yang rawan berujung toxic. Ini juga yang jadi alasan Cindy minta putus dengan Adriel sewaktu mereka pacaran.
  • Paling enggak suka kalau didekati/disukai/diperlakukan baik-baik hanya karena wajah tampannya. Siap-siap masuk blacklist kalau nekat.
  • Tukang nimbun buku, tapi jarang dibaca. Beli dulu, urusan dibaca atau enggak, pikirkan kemudian.
  • Jujur, dia masuk Jurnalistik cuma pengin bikin Robi kesal. Robi pengin Adriel ngambil Manajemen, tapi Adriel menolak. Adriel malah enggak pengin kuliah awalnya. Maunya kursus masak atau nyanyi sebelum Robi ngamuk enggak ngasih izin.

Ayasa Nawalashima

NICK NAME

Ayasa (panggilan umum. Biasanya mereka yang tahu, tapi enggak kenal akrab).

Aya (panggilan orang terdekat. Keluarga, teman, dan juga pacarnya sekarang).

Ay (panggilan khusus dari Adriel).

 

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 26 Juni 2001 

SIGN

Cancer

STATUS

Mahasiswi Semester 3 Jurusan Matematika, Fakultas MIPA

HEIGHT

165 cm

WEIGHT

54 kg

HOBBY

Membaca dan mendengarkan musik. Keduanya dia pakai sebagai media self-healing.

MOTTO

I can be all the things you told me not to be.”

FUN FACTS

  • Sewaktu belajar tetek bengek make-up dengan Cindy, Ayasa sebenarnya prefer make-up yang cenderung bold ketimbang minimalis.
  • Make-up favorit Ayasa itu lipstik hitam. Namun, karena dia sadar kalau lipstik hitam bakal mengundang perhatian atau bahkan kernyit aneh (menurut dia), Ayasa enggak pernah makai lipstik hitam buat keluar rumah.
  • Aslinya, Ayasa enggak se-tan yang diceritakan dalam cerita. Kulit Ayasa cenderung cokelat terang. Ayasa sering make spray tan buat ngedapetin tone tan yang dia mau.
  • Enggak punya akun social media kecuali WhatsApp (untuk komunikasi, terlebih biar enggak ketinggalan info soal kuliah) dan Wattpad. Enggak ada Instagram, Facebook, Twitter, dsb.
  • Sejak menjadi mahasiswa baru, banyak cowok di kampus yang naksir Ayasa, cuma Ayasa-nya enggak ngeh. Ironis juga dengan kenyataan dia peka dengan perasaan orang lain. Alasannya karena dia merasa enggak cukup pantas buat dicintai. Jadi dia enggak mau ambil pusing soal sinyal-sinyal yang dilempar para cowok.
  • Banyak yang ngira kalau Ayasa dan Adriel pacaran. Sudah puluhan atau bahkan ratusan kali dia ngejelasin kalau mereka cuma sahabat. Enggak lebih.
  • Mahasiswa kupu-kupu. Kuliah-pulang, kuliah-pulang.
  • Sempat naksir Adriel sewaktu SMA karena Adriel jadi lebih ganteng dan menawan sewaktu melewati masa puber. Terus bubar gara-gara Adriel nangkap basah Ayasa yang sering merhatiin wajahnya diam-diam. Adriel memperingatkan kalau Ayasa sampai naksir hanya karena tampang, berarti Ayasa enggak jauh beda sama cewek lain (Ray: berarti kalau bukan karena tampang, boleh, ye, Riel? >////< *digaplok)

Oliver Nirwandana

NICK NAME

Oliver (panggilan umum)

Ollie (panggilan di lingkungan keluarga, juga Ayasa karena Oliver sendiri yang minta)

PLACE AND DATE OF BIRTH

Jakarta, 9 Maret 2000

SIGN

Pisces

STATUS

Mahasiswa Semester 3 Jurusan Biologi, Fakultas MIPA

HEIGHT

175 cm

WEIGHT

52 kg

HOBBY

Membaca, menulis

MOTTO

“Membaca untuk melesapkan diri sejenak, menulis untuk mengabadikan diri selamanya.”

FUN FACTS

  • Meskipun Oliver menulis cerita-cerita romantis yang sukses booming dan menarik perhatian, dia belum pernah berpacaran sampai bertemu Ayasa. Hal yang juga sempat membuat Ayasa sempat kaget karena adegan dan chemistry karakter dalam novel Oliver sangat kuat. Kuncinya satu, kata Oliver: riset.
  • Kalau balas chat suka lama. Chat pukul tujuh malam dibalas pukul satu dini hari. Pernah sekali editornya nge-chat soal Surat Perjanjian Penerbitan hari Selasa, Oliver balasnya hari Jumat saat SPP udah sampai.
  • Punya ketakutan berlebih dengan pertengkaran. Entah dia yang bertengkar dengan orang lain, atau menyaksikan orang lain bertengkar.
  • Prefer chat ketimbang telepon. Kecuali dengan Ayasa.
  • Awal-awal pacaran dengan Ayasa, Oliver pernah searching “bagaimana menjadi pacar yang baik” karena nervous ini pertama kalinya dia pacaran.