Search
Close this search box.

Ragam Profesi dalam Film: Tak Hanya Sutradara dan Penulis, Yuk, Kenalan dengan Foley Artist!

Ditulis oleh Minou, Admin Noura

Yuk, bagikan artikel ini!

Sebuah karya film yang apik lahir dari kolaborasi antara cerita yang menarik, pengambilan gambar yang sinematik, dan akting para aktor yang ciamik. Namun, tahukah kamu bahwa ada elemen lain yang tak kalah penting? Yup! Tanpa efek suara yang mendukung suasana pada tiap adegan yang ada, film yang kamu tonton akan terasa “tidak bernyawa”. Salah satu sosok yang berperan penting dalam menciptakan efek suara dalam film adalah para foley artist. Sudahkah kamu mengenal profesi tersebut?

 

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Foley_(filmmaking)

Foley Artist Itu Apa, Sih?

Foley artist adalah profesi yang ditugaskan secara khusus untuk menciptakan efek suara yang tidak bisa ditangkap dalam proses pengambilan gambar. Suara tersebut meliputi suara langkah kaki, pintu yang terbuka, suara jangkrik, dan sebagainya yang membuat suasana film menjadi lebih hidup. Mengutip dari laman MasterClass, sebutan foley artist diambil dari nama Jack Foley, sebagai pionir yang menciptakan efek suara dalam film.

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Seorang Foley Artist Bekerja?

Seorang foley artist menggunakan kemampuan kreatifnya dalam menciptakan beragam efek suara. Ia menggunakan berbagai macam alat dan bahan, bahkan bahan-bahan yang tak lazim seperti mentega, beras, daging sapi mentah, untuk menghasilkan efek suara yang realistis. Selain itu, ia juga harus memiliki keterampilan dalam meniru suara dari berbagai jenis karakter, termasuk hewan, manusia, dan bahkan makhluk fiksi.

 

Di balik kemampuan kreatifnya, seorang foley artist juga membutuhkan ketelitian yang tinggi. Ia harus mencocokkan suara secara presisi dengan tindakan yang terjadi di layar, seolah-olah suara itu muncul secara alami dari objek atau karakter yang ada dalam adegan.

 

Mengapa Foley Artist Memegang Peranan Penting dalam Produksi Film?

Suara memiliki elemen penting yang dapat memengaruhi perasaan dan emosi penonton, seperti halnya dalam film horor. Tanpa efek suara yang mendukung, maka atmosfer mencekam akan sulit dibangun. Begitu pun dalam genre film lainnya.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang foley artist?

 

—– 

Tertarik untuk terjun di dunia film, khususnya pada bidang penulisan skenario, tetapi bingung memulai dari mana? Jawabannya ada di sini!

 

Dapatkan buku “Save The Cat : The Last Book on Screenwriting You’ll Ever Need” karya Blake Snyder di Official Mizanstore!