Keutamaan 9 Surat Al-Quran

 

Al-Quran memang mengagumkan. Ayat-ayat di dalamnya mengandung banyak makna serta arti bagi manusia. Tiap surat di dalamnya juga memiliki banyak keutamaan. Namun ada 9 surat yang bila kita membacanya, memiliki keutamaan lain. Simak keutamaan 9 surat tersebut berikut ini.

1. Keutamaan Membaca Surat AL-MULK

Surat Al Mulk memiliki fadhilah luar biasa yaitu untuk mencegah siksa kubur. Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabaraokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih)

2. Keutamaan Membaca Surat AL-KAHFI

  • Menjaga dari fitnah Dajjal. “Barang siapa yang berada di zaman dajal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat Al-Kahfi.” (HR Muslim)
  • Rumahnya tidak akan dimasuki setan. Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al-Kahfi atau Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam.”
  • Dipancarkan cahaya sejauh dirinya dan Ka’bah. Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Nabi Saw bersabda: “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273)
  • Dipancarkan cahaya di antara dua Jumat. Dalam riwayat lain, masih dari Abu Sa’id al-Khudri ra, “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.”
  • Menerangi di hari Kiamat. Abdullah bin Umar ra berkata: Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Baca Juga: 7 Keutamaan dan Manfaat Membaca Doa Al-Matsurat

3. Keutamaan Membaca Surat AL-WAQIAH

  • Terhindar dari sikap lalai. “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.”
  • Dijauhkan dari kefakiran. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits bahwa “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.”
  • Tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya. “Dari Abdullah bin Mas’ud mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya’.”

4. Keutamaan Membaca Surat YASIN

  • Diampuni dosa-dosa. “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah ra).
  • Dianggap mati syahid. “Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At-Thabrani, dari pernyataan Anas bin Malik).
  • Mempermudah segala urusan. “Barang siapa membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunan A-Daarimi juz 2 halaman 549).
  • Terhindar dari siksa kubur. “Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.” (Tafsir Nur Ats-Tsagalayn 4/373)
  • Mempermudah sakaratul maut. Membaca surat Yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran: “Membaca surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah, serta memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim 6/562). Ada juga riwayat lain: “Disunnahkan membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al-Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5/76 Dar’alim Alkitab).
  • Segala hajat dikabulkan. Dijelaskan dalam hadist: “Barang siapa yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai ayat 58 diulang sebanyak 7 kali, maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”
  • Membantu pengampunan agar diterima Allah Ta’ala. “Barang siapa yang membaca surah Yasin untuk memohon ridha Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-Baihagy dalam Sya’abil Iman serta Mu’qil bin Yasar Rabersanma Kanzul Aumal Juz 112629).

5. Keutamaan Membaca Surat AR-RAHMAN

Rasulullah shallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya”.

6. Keutamaan Membaca Surat AD-DUKHAAN

Bila dibaca di malam Jumat:

  • Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca HAA MIIM (surat) Ad Dukhaan pada malam Jumat, maka (dosa-dosanya) akan diampuni.” (HR Thirmidzi no. 2814)
  • Dari Abu Umamah r.a, bahwa sesungguhnya dia telah mendengar Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat Haamimm Ad-Dukhaan pada malam Jumat atau pada hari Jumat Allah, akan membangunkan untuknya satu rumah di surga “. (HR Thabrani)
  • Baginda SAW juga bersabda, “Orang yang membaca surat Ad-Dukhaan pada malam Jumat akan dimintakan ampun (atas dosa-dosanya) menjelang paginya oleh 70.000 malaikat.”

Baca Juga: Hal yang Tidak Akan Bisa Kamu Temukan di Google

7. Keutamaan Membaca Surat AL-IKHLAS, AL-FALAQ, & AN-NAAS

Rasulullah SAW bersabda: ”Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-Quran dalam semalam?” Mereka menjawab, “Bagaimana mungkin kami bisa membaca sepertiga Al-Quran?” Lalu Nabi SAW bersabda, “Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al-Quran.” (HR Muslim no. 1922)

Dalam sebuah hadist Rasulullah pernah berfirman, “Barang siapa yang membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas tujuh kali sesudah shalat Jumat niscaya terpelihara dari perkara keji dan segala hingga hari Jumat yang akan datang”.

Rasulullah pernah bersabda sebagai berikut: “Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas waktu ia sakit lalu ia meninggal dunia maka ia tidak akan membusuk di dalam kuburnya, akan selamat dari kesempitan kubur, dan malaikat akan membawanya menuju surg.a”

Diriwayatkan oleh Anas Bin Malik, “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas 100 kali, maka Allah akan menghapus dosa kecilnya selama 50 tahun.”

Rasullulah bersabda, “Bacalah surat Al-Ikhlas serta surat Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) pada waktu pagi dan petang hari sebanyak tiga kali , maka kamu akan dilindungi dari segala gangguan.” (Shahih Tirmidzi no. 2897 dengan sanad hasan gharib).

Imam Malik meriwayatkan dari ‘Aisyah, bahwa apabila Rasullulah SAW sakit, beliau membaca Al-Mu’awwidzatain atas dirinya dan beliau meniupkannya. Ketika sakitnya semakin parah, maka aku membacakannya untuk beliau, dan aku usapkan kepada beliau dengan tangan beliau sendiri untuk mengharapkan barakahnya. (HR Bukhari dalam Fat-hul Baari (VIII/679), Abu Dawud (IV/220), An-Nasai dalam al-Kubraa (IV/867 dan 868) dan Ibnu Majah (II/1166) [berbagai sumber]

Uniknya Bus Kota di Seluruh Negara

24/08/2018

Yasmin Mogahed: Kembalilah Pada Hatimu

24/08/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *