“Jika Anda hanya membaca satu buku pada tahun ini, Anda pasti memilih buku dr. Frankl ini.”
—Los Angeles Times
“Sebuah karya literatur abadi tentang cara bertahan hidup.”
—New York Times
“Frankl memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada dunia.”
—Meghan Cox Gurdon, Jurnal Wall Street
Previous
Next

THE WILL TO MEANING

Viktor E. Frankl

Usaha dehumanisasi luar biasa yang dilakukan Nazi di Auschwitz dan Dachau membuat Viktor E. Frankl memulai humanisasi psikiatri melalui logoterapi, suatu metode yang didasarkan pada motivasi manusia untuk mencari makna hidup.

Teori-teori psikologi yang cukup rumit, di tangan Frankl bisa dijelaskan dengan sangat sederhana dan mudah dipahami. Sebagai seorang profesional, Frankl tergolong memiliki kemampuan langka. Dia bisa membahas ide-idenya dan menjelaskan teknik yang dia gunakan dalam konteks psikologi dalam bahasa orang awam.

Buku ini adalah salah satu kontribusi luar biasa terhadap pemikiran psikologi dalam lima puluh tahun terakhir.

Viktor E. Frankl

Viktor E. Frankl adalah profesor neurologi dan psikiatri di Sekolah Kedokteran Universitas Wina (University of Vienna Medical School).

Selama dua puluh lima tahun, ia mengepalai Poliklinik Neurologi Wina (Vienna Neurological Policlinic).

“Logoterapi/Analisis Eksistensial (Logotherapy/Existential Analysis)” yang ia ciptakan dikenal sebagai “Aliran Psikoterapi Wina yang Ketiga (Third Viennese School of Psychotherapy).”

Dirinya menyandang gelar profesor di Harvard, Stanford, Dallas, dan Pittsburgh serta menjadi Profesor Kehormatan untuk Logoterapi di Universitas Internasional Amerika Serikat (U.S. International University) di San Diego, California.

Lihat Selengkapnya

Selama empat dekade, Dr. Frankl telah melakukan serangkaian kuliah tamu ke berbagai penjuru dunia. Beliau menerima gelar akademik kehormatan dari dua puluh lima universitas di benua Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia. Beliau dianugerahi sejumlah penghargaan, termasuk di antaranya Penghargaan Oskar Pfister dari Asosiasi Psikiatri Amerika (American Psychiatric Association) dan anggota kehormatan dalam Akademik Ilmu Pengetahuan Austria (Austrian Academy of Science).

Sejumlah tiga puluh lima buku karya Frankl telah dialihbahasakan ke dalam empat puluh bahasa. Bukunya Pencarian Manusia akan Makna (Man’s Search for Meaning) telah terjual jutaan eksemplar dan tercatat di antara “sepuluh buku paling berpengaruh di Amerika” menurut sebuah survei yang diselenggarakan oleh Klub Buku Bulan Ini (the Book of the Month Club) dan Perpustakaan Kongres (Library of Congress).

Ia meninggal dunia di Wina pada 1997.