Roald Dahl

Roald Dahl dari Tahun ke Tahun

1916 Roald Dahl lahir pada 13 September di Llandaff di Wales.

1925 Roald dikirim ke sekolah berasrama—St. Peter di Weston-super-Mare.

1929 Roald masuk Repton, sekolah berasrama lain. Di sinilah dia membantu mengetes cokelat-cokelat batangan baru untuk Cadbury’s. Favoritnya termasuk Aero, Cruchie, KitKat, Mars, dan Smarties.

1934 Roald Dahl meninggalkan sekolah dan bekerja di Shell, perusahaan minyak besar, karena dia ingin bepergian ke tempat-tempat jauh seperti Afrika dan Cina.

1936 Shell mengirimnya ke Afrika bagian timur. Dia benci ular!

1939 Roald bergabung dengan RAF pada awal Perang Dunia Kedua. Dia menjadi pilot tempur, menerbangkan pesawat-pesawat Hurricane menyeberangi Laut Mediterania.

1940 Pesawatnya jatuh di Gurun Barat, di Afrika Utara, dan dia mengalami beberapa luka parah di kepala, hidung, dan punggung.

1942 Roald dikirim ke Amerika Serikat untuk bekerja di Kedutaan Besar Inggris (dan beberapa berkata bahwa dia juga menjadi mata-mata!). Cerita pertamanya untuk pembaca dewasa diterbitkan dan dia menulis cerita pertamanya untuk anak-anak, tentang makhluk-makhluk jahat bernama Gremlin. Walt Disney mulai mengubahnya menjadi sebuah film dan Roald pergi ke Hollywood.

1943 Rencana pembuatan film ditunda, tetapi The Gremlins diterbitkan di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Itu buku pertama Roald.

1953 Buku Roald tentang kisah-kisah menggetarkan untuk pembaca dewasa, Someone Like You, diterbitkan dan sukses besar di Amerika Serikat.

1961 James and the Giant Peach diterbitkan di Amerika Serikat, diikuti oleh Charlie and the Chocolate Factory pada 1964. Buku-buku itu langsung memikat anak-anak.

1967 Akhirnya, James dan Charlie diterbitkan di Inggris dan menjadi dua buku anak-anak yang paling sukses dan terkenal.

1971 Film Charlie pertama yang dibuat adalah Willy Wonka and the Chocolate Factory. Film-film lain mengikuti: The BFG dan Danny the Champion of the World pada 1989; The Witches pada 1990; James and Giant Peach dan Matilda pada 1996; Charlie and the Chocolate Factory kedua, yang dibintangi Johnny Depp, keluar pada 2005.

1978 Kerja sama Roald Dahl dengan Quentin Blake dimulai dengan penerbitan The Enermous Crocodile.

1990 Roald Dahl meninggal 23 November, pada usia tujuh puluh empat.

2006 Hari Roald Dahl dirayakan di seluruh dunia pada 13 September untuk memperingati hari kelahiran Roald Dahl. Kunjungi roalddahl.com untuk bergabung dengan keceriaannya.

2011 Matilda the Musical yang fenomenal menerima penilaian sangat bagus dan banyak sekali penghargaan di teater-teater West End London.

2012 Pencarian pemeran dimulai untuk produksi musikal West End Charlie and the Chocolate Factory, disutradarai Sam Mendes!

Temukan lebih banyak tentang Roald Dahl dengan mengunjungi
situs web roalddahl.com

Kenalkan, Quentin Blake
“Ilustrator buku-buku anak paling hebat
di dunia masa kini!” —Roald Dahl

Roald Dahl dan Quentin Blake menjadi rekan sempurna dalam menyatukan kata-kata dan ilustrasi, tapi saat Roald mulai menulis, dia bekerja sama dengan banyak illustrator lain. Quentin mulai bekerja dengannya pada tahun 1976 (buku pertama yang ilustrasinya digambar Quentin adalah The Enormous Crocodile, diterbitkan pada tahun 1978), dan sejak saat itu, mereka bekerja sama hingga Roald meninggal. Quentin akhirnya membuat ilustrasi semua buku Roald Dahl, kecuali The Minpins.

Awalnya, Quentin agak gugup karena harus bekerja dengan seorang penulis yang sangat terkenal, tetapi saat mereka berkolaborasi dalam The BFG, mereka menjadi teman dekat. Quentin tidak pernah mengetahui apa-apa tentang sebuah cerita baru hingga manuskripnya datang. “Bersenang-senanglah dengan ini,” Roald biasa berkata—atau, “Kau akan
mengalami kesulitan dengan ini.” Quentin akan membuat banyak sketsa kasar untuk dibawa ke Gypsy House, tempat dia akan menunjukkannya kepada Roald dan mengetahui pendapat Roald. Roald Dahl senang buku-bukunya penuh ilustrasi—akhirnya, Quentin menggambar dua kali lebih banyak untuk The BFG dibandingkan sebelumnya.

Buku Roald Dahl favorit Quentin Blake adalah The BFG. Saat dia tidak yakin seperti apa alas kaki si BFG, Roald benar-benar mengirimkan salah satu sandal tuanya melalui pos kepada Quentin—dan itulah yang dia gambar! Quentin Blake lahir pada 16 Desember 1932. Gambar pertamanya diterbitkan saat dia berusia enam belas, dan dia telah menulis
dan menggambar buku-bukunya sendiri, seperti buku-buku Roald Dahl. Selain menjadi ilustrator, selama dua puluh tahun dia mengajar di Royal
College of Art—dia seorang profesor sungguhan! Pada 1999, Quentin Blake terpilih sebagai Children’s Laureate pertama. Pada 2005 dia diberi penghargaan oleh CBE karena pengabdiannya terhadap literatur anak.

Menampilkan 1–2 dari 3 hasil