This Star Won’t Go Out

Hai semua, namaku <strong>Esther Earl Grace</strong>. Kalian mungkin tidak mengenalku. Tapi kalian pasti kenal sahabatku <strong>John Green</strong>. Aku bertemu dengan <strong>John Green</strong> pada acara konvensi <strong>Harry Potter</strong> tahun 2009. Sebagai sesama <em>vlogger</em> (video blogger), aku sangat mengaguminya. Aku sudah menonton video yang ia upload di blog selama bertahun-tahun. Aku senang sekali saat bertemu dengannya. Kami mengobrol cukup lama.

<strong>John Green</strong> mungkin baru mengenalku saat itu, tetapi sebenarnya kami sudah cukup sering terlibat dalam kegiatan yang sama. Aku adalah seorang <em>nerdfighter</em> garis keras. Tahukah kamu apa itu <em>nerdfighter</em>? <em>FYI</em>, <em>nerdfighter</em> adalah orang yang memperjuangkan harga diri para <em>nerd</em> dan mengagungkan intelektualitas. Komunitas <em>nerdfighter</em> tumbuh dari video yang dibuat oleh <strong>John Green</strong> dan abangnya sejak tahun 2007.

Meski dalam keadaan sakit, aku ini pengurus situs penggemar <em>nerdfighter</em> terbesar yang disebut <strong>#effyeahnerdfighters</strong> lho. Aku mengurus situs ini bersama teman-temanku yang menyebut dirinya <strong>Catitude</strong>. Tapi yang kami lakukan lebih dari sekedar itu. <strong>Catitude</strong> juga membantu mengadakan proyek amal tahunan <em>nerdfighter</em> yang disebut <em>Project for Awesome</em>. <strong>John Green</strong> dan abangnya sering mendatangi kami untuk meminta saran dan bantuan.

Aku bersyukur memiliki teman-teman <strong>Catitude</strong> di sekelilingku. Mereka membuat segalanya terasa lebih mudah. Teman-temanku bahkan membuatkan film dokumentasi tentang diriku, lalu kami menontonnya bersama-sama. Kami menyantap masakan khas China bersama-sama, juga menangis bersama-sama. Meski keasyikan itu harus disela oleh pengobatanku—kau tahu, saat suster menyuntikkan obat ke perutku. Berkat film dokumentasi yang dibuat oleh teman-temanku, aku sempat menjadi semacam selebriti di komunitas <em>nerdfighter</em>.

Ini bukan tentang penyakit kanker dramatis, seperti buku “berdasarkan kisah nyata” pada umumnya. Buku <strong>This Star Won’t Go Out</strong> berisi kumpulan catatan harianku, juga tulisan yang dibuat oleh orang-orang terkasihku. Kisah ini mengenai aku—<strong>Esther Earl</strong>—yang mengidap penyakit yang cukup mengerikan bernama Kanker Tiroid. Semoga kalian menikmati kisah-kisah di setiap halamannya. 🙂

 

Mengapa Vegan Bisa Berumur Panjang?

25/02/2016

Mona Ratuliu Curhat Soal Parenthink di IBF

25/02/2016

Leave a Reply