Maximize Your Potential: Panduan Membangun Karier Kreatif Sepanjang Waktu

Komedian Milton Berle pernah berkata, “Jika peluang tak datang mengetuk, buatlah pintunya.” Jika kita ingin memahami potensi diri sepenuhnya sebagai pelaku kreatif dan sebagai individu, bersikap proaktif bukanlah sekadar pilihan. Itu adalah tuntutan. Syukurlah kita mendapatkan kekuatan yang lebih dibanding sebelumnya untuk membagikan gagasan kita kepada dunia, untuk berhubungan satu sama lain, dan untuk menentukan jalur karier kita. Era penemuan-diri telah hadir.

Kita pernah menggantungkan karier pada kenaikan perlahan dalam sebuah perusahaan. Namun, sekarang kita berganti pekerjaan rata-rata sebelas kali sepanjang hidup. Kita pernah tergantung pada dealer untuk menyiarkan karya seni kita pada dunia. Sekarang, kita hanya perlu membuat galeri daring (online) untuk menyiarkan karya terbaru yang sedang kita buat. Dulu kita mendatangi sekelompok investor agar menyetujui gagasan kita. Sekarang kita bisa menawarkan proyek kita pada publik dan mengumpulkan pendanaan massal secara daring.

Kemungkinan menjadi tak terbatas, tetapi demikian pula tanggungjawabnya. Dengan kemampuan menentukan arah sendiri membuat tanggung jawab kepemimpinan pun ada di tangan kita. Ini berarti kita tidak bisa mengharap atasan bertanggung jawab atas pengembangan karier kita dan mengurusi kita. Kita tak bisa duduk diam menunggu sang mentor sempurna datang dan membimbing pengembangan karier kita. Dan, kita pun tak bisa mengandalkan masa depan yang penuh petunjuk arah dan kepastian.

Untuk membantu memandu Anda mengarungi dunia baru ini, buku Maximize Your Potential mengumpulkan pemikiran-pemikiran dalam empat area penting yang kami yakini sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang: menentukan dan menciptakan peluang baru, membangun keahlian, menjalin hubungan kolaboratif, dan belajar
mengambil risiko.

Dengan mengkhususkan setiap bab untuk setiap wilayah fokus tersebut, kami telah mengumpulkan sekelompok pemikir kreatif luar biasa—Bob Safian, Ben Casnocha, Joshua Foer, Teresa Amabile, Tony Schwartz, Tina Seelig, dan banyak lagi. Mereka akan berbagi kearifan untuk Anda. Diambil dari penelitian intensif dan pengalaman pribadi yang mendalam, tulisan-tulisan dalam buku ini menyediakan sebuah pembangkit perspektif tentang cara membangun karier yang penuh dengan kegairahan, pencapaian, dan makna.

Jadikanlah buku ini sebagai panduan saat Anda membangun—dan menata ulang—karier kreatif sepanjang waktu, dengan terus-menerus berusaha menaikkan taruhan untuk menjadi sosok yang bisa Anda wujudkan.[]

JOCELYN K. GLEI, kepala editor, 99U

Kesaksian dari Neraka Guantanamo

17/11/2016

Manage Your Day-to-Day: Mewujudkan Gagasan yang Luar Biasa

17/11/2016

Leave a Reply