Jack Ma dan Hal Nyentrik yang Tak Mungkin Dilakukan Pebisnis Lainnya

Di dalam Ruang Garuda, Istana Bogor, Presiden Jokowi duduk berhadapan dengan pendiri perusahaan e-commerce Alibaba Group, Jack Ma. Siang itu (1/9/2018), Presiden ditemani sejumlah menteri kabinet dan delegasi Alibaba Group. Obrolan mengalir terkait Asian Games 2018.

“Saya menunggu Anda untuk tampil di Closing Ceremony Asian Games 2018 karena Anda tahu, saya harus melompat menggunakan motor di pembukaan Asian Games,” kata Presiden Jokowi kepada Jack Ma.

Jack Ma tersenyum saja mendengarnya. Pasalnya pembisnis asal China tersebut juga pernah melakukan hal yang sama. September 2017, Jack Ma beratraksi di atas panggung dengan motor gede berwarna hitam dalam rangka ulang tahun Alibaba ke-18. Saat itu dikisahkan bumi sedang diserang oleh makhluk luar angkasa. Jack Ma turun dari moge lalu berjoget dan bernyanyi ala Michael Jackson.

Aksi tersebut bukan hal pertama yang dilakukan Jack Ma. Ia pernah berbuat hal gila, yang kemungkinan besar enggan ditiru oleh petinggi perusahaan manapun. Waktu itu Alibaba merayakan hari jadinya yang ke-10. Ribuan pasang mata dibuat melotot ketika di atas panggung berdiri seorang pria berpenampilan ala punk lengkap dengan rambut mohawk. Pria punk tersebut menyanyikan “Can you feel the love tonight”. Penonton bergemuruh. Jeritan kian membahana tatkala diketahui pria punk itu Jack Ma.

“Apa itu Jack Ma?” tanya Yu Dan seperti dikutip dari buku Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China. “Ya Tuhan! Dia benar-benar gila.”

Bagian terbaiknya bukan di situ, tetapi setelahnya. Ketika lagu selesai dibawakan, Ma tersenyum sendiri dan sebagian orang masih terkesima oleh penampilan Ma yang memukau. Para penonton tidak tahu, bahwa Ma bernyanyi dengan lirik yang asal.

“Saya ini penyanyi utama yang tidak ingat lirik lagu, dan kacamata hitam ini, nyaris membuat saya tak bisa melihat contekan lirik di tangan,” ujar Ma.

Jack Ma memang nyentrik. Dia selalu bisa mengambil hati karyawannya. Meski begitu tak lantas melunturkan wibawanya sebagai pemangku jabatan tertinggi di Alibaba.

Lalu kemarin (2/9/2018) Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi saksi dari aksi Ma. Secara mengejutkan dia muncul di tengah-tengah penampilan artis asal China. Ma muncul dengan pakaian tradisional China berwarna abu-abu. Dia lantas mengajak semua orang untuk ke kampung halamannya, Hangzhou.

Baca juga:

“Tahun 2022, saya mengundang kalian ke Hangzhou, kampung halaman saya. Saya pastikan, itu adalah kota yang indah. Selamat datang di Hangzhou,” tutur Jack Ma. Ajakan tersebut berkaitann dengan terpilihnya Hangzhou, China, sebagai tuan rumah Asian Games 2022.

Ma juga memuji pagelaran Asian Games 2018, yang dinilainya sukses. “Tidak mudah untuk menyelenggarakan event sebesar itu, menurut saya ini sangat sukses,” ujar Ma.[]

Christopher Robin dan Refleksi Kesibukan Manusia

03/09/2018

5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

03/09/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *