Hay-on-Wye: Surga Buku di Perbatasan Inggris

Di Wales, Inggris, ada sebuah kota kecil yang bernama Hay-on-Wye. Apa sih yang unik dari kota ini selain pemandangannya yang cantik? Well, tahukah kamu, kota ini dikenal sebagai surganya bagi para pecinta buku. Ke mana pun kamu memandang, nyaris bisa ditemui buku di setiap sudut kota. Buku-buku ini tak hanya penuh sesak di dalam perpustakaan atau toko buku vintage, namun juga tersebar hingga ke taman, halaman kastil, dinding sebuah bangunan, bahkan trotoar! :O

Awalnya, toko buku di Hay-on-Wye hanya ada satu. Toko buku bekas itu didirikan oleh Richard Booth pada tahun 1961. Toko buku pertama di kota ini terletak di sebuah bekas stasiun pemadam api yang sudah tua. Buku-buku yang ia jual kebanyakan berasal dari perpustakaan yang telah ditutup. Pak Richard mendatangi perpustakaan-perpustakaan yang sudah tutup bahkan sampai ke Amerika. Pak Richard juga mengajak teman-temannya yang bertubuh kuat untuk membantunya mengangkut buku-buku itu.

Kini, di Hay-on-Wye sudah ada sekitar 40 toko buku cantik yang tersebar di seluruh penjuru kota dan sudah menjadi bagian dari kota itu sendiri. Keunikan kota ini telah menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Baik mereka yang berkunjung di hari biasa, maupun saat digelarnya Festival Literatur Hay yang dihadiri ribuan penulis dari seluruh dunia.

Uniknya lagi, di Hay-on-Wye ada banyak toko buku yang diberi nama The Honesty Bookshop. Yap, sesuai namanya, toko buku ini mengutamakan kejujuran. Penduduk di kota ini percaya, siapa pun yang gemar membaca dan sangat mencintai buku adalah orang-orang yang baik dan jujur. Itu sebabnya toko-toko buku ini dibiarkan begitu saja, terpajang dengan cantiknya di pinggir jalan tanpa harus ditunggui oleh penjaga toko. Buku-buku lama yang dijual ini pun harganya sangat murah. Rata-rata untuk buku hard cover hanya dihargai satu pound, sedangkan buku soft cover dihargai sekitar setengah pound. Pengunjung yang ingin membeli buku cukup memasukkan uang ke wadah yang sudah disediakan sejumlah harga yang tertera. Waaah, kereeeen!

Mungkin nggak ya ada kota di Indonesia yang bisa kita jadikan perpustakaan raksasa seperti Hay-on-Wye? 🙂

5 Karakter Cewek Fantasi yang Wajib Diajak Kenalan!

25/02/2016

Tips Mengatur Koleksi Buku

25/02/2016

Leave a Reply