Edgar Allan Poe Sang Perintis Genre Misteri

 

Ruang Baca-Edgar Allan Poe Sang Perintis Genre Misteri
Ruang Baca-Edgar Allan Poe Sang Perintis Genre Misteri

Edgar Allan Poe lahir dari pasangan David & Elizabeth Poe, 19 Januari 1809, anak kedua dari 3 bersaudara. Kakaknya bernama Henry, sedangkan adiknya bernama Rosalie. Saat Poe berusia 2 tahun, ibunya meninggal dunia, dan pada saat itu Elizabeth sudah berpisah dari suaminya. Kakaknya Henry, diasuh oleh kakek & neneknya. Sementara Poe diadopsi oleh John Allan, seorang saudagar yang cukup sukses. Karena keluarga barunya cukup berada, Poe bisa hidup layak dan mengenyam pendidikan di sekolah yang bagus. Pada usia 6 tahun, Poe bersekolah di Inggris selama 5 tahun. Ia mempelajari bahasa Latin & Prancis, juga matematika & sejarah. Poe kemudian kembali ke Amerika dan melanjutkan sekolah di University of Virginia pada usia 17 tahun.

Edgar Allan PoeSebetulnya, Poe adalah siswa yang cerdas. Namun saat beranjak remaja ia mulai bersentuhan dengan alkohol dan terlilit hutang. Setahun kemudian, Poe berhenti sekolah dalam keadaan miskin, terlilit hutang, & tak punya keahlian apapun. Ayah angkatnya menjauhinya. Setelah Poe berhenti sekolah, dia mencoba peruntungan di bidang militer. Karier kemiliterannya cukup bagus. Poe bahkan sempat mencapai pangkat Sersan Mayor. Tapi ternyata keberuntungannya itu tak berlangsung lama.

Tahun 1830 lagi-lagi ia mengacau. Karier kemiliterannya berhenti dan pada tahun 1831 Poe pergi ke New York, di mana puisinya pertama kali dipublikasikan. Saat itu merupakan tahun-tahun yang berat bagi Poe. Ia tak punya uang, tak punya teman, tak punya keluarga. Poe sempat menyurati John Allan, ayah angkatnya, untuk meminta bantuan terkait masalah keuangan yang dihadapinya, namun tak ada tanggapan. Pada tahun 1934 ayah angkatnya meninggal, dan dalam surat wasiatnya tak sedikit pun ia menyinggung nama Poe.

Poe akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai editor di sebuah majalah pada tahun 1835. Nama Poe semakin dikenal karena ceritanya yang berjudul “The Manuscript Found in a Bottle” memenangkan sebuah kontes. Sebagai editor dari Southern Literary Messenger, Poe berhasil meningkatkan penjualan majalah tersebut dari 500 menjadi 3500 kopi. Namun Poe memutuskan keluar dari pekerjaannya pada tahun 1836 dengan alasan upahnya sedikit.

Setelah keluar dari pekerjaannya, Poe tak punya pekerjaan tetap. Ia hanya mengandalkan tulisan sebagai sumber mata pencaharian. Bisa dibilang, Poe adalah penulis terkenal pertama di Amerika yang diketahui mengandalkan tulisan sebagai satu-satunya pekerjaan. Namun konsekuensi yang harus ia tanggung sangat berat. Poe mengalami kesulitan finansial untuk menghidupi keluarganya. Selama bertahun-tahun Poe terus menulis karya, beberapa di antaranya sempat diterbitkan, namun tak selalu menghasilkan uang.

The Black CatPoe sempat menjadi editor di Graham’s Magazine. Berkat asuhan tangan dinginnya, lagi-lagi oplah majalah itu pun meningkat dari 5000 menjadi 35.000. Di saat bersamaan Poe menulis cerita detektif berjudul “The Murders in the Rue Morgue” dan menantang pembaca untuk mengiriminya kriptogram. Kriptogram—tulisan dalam kode rahasia—yang dikirim oleh pembaca bukunya, selalu berhasil dipecahkan oleh Poe. Meski demikian, kondisi finansialnya tak juga membaik.

Poe sempat merintis majalah sendiri namun berujung bangkrut dan terpaksa ditutup. Di sisi lain, istri Poe yang bernama Virginia, kondisi kesehatannya terus memburuk. Istrinya pun wafat pada 1847, meninggalkan Poe dalam keadaan depresi. Poe sendiri tak berusia panjang, ia meninggal bulan Oktober tahun 1849 pada usia 40 tahun. Kematiannya pun diselimuti misteri.

Konon Poe ditemukan di Gunner’s Hall, sebuah kedai minuman di Baltimore. Dalam perjalanan ke rumah sakit ia hilang kesadaran berkali-kali. Namun Poe tak pernah sempat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya, hingga hembusan napas terakhir. Tak ada yang tahu apakah Poe terkena rabies, terlalu banyak minum, atau dirampok. Kisah kematiannya menjadi mitos di masyarakat. Nama dan karyanya baru memperoleh apresiasi jauh setelah ia meninggal dunia. Baru-baru ini Noura menerbitkan kumpulan kisah yang ditulis oleh Poe dalam sebuah buku berjudul The Black Cat. Buku ini terdiri dari 10 kisah misteri dan 3 kisah detektif, di antaranya adalah Ligeia, Keruntuhan Keluarga Usher, Kucing Hitam, Lubang dan Pendulum, Jantung yang Mengaduh, dan Surat yang Dicuri.

Menelisik Sebab Doa tak Dikabulkan

23/06/2016

Pesan Cinta Rasulullah Saw. untuk Para Wanita

23/06/2016

Leave a Reply