5 Fakta Asyik Pengarang Cerita Anak Terkenal

Penulis: Noor H. Dee

Percaya enggak salah satu pengarang cerita anak terkenal adalah seorang mantan pilot pesawat tempur Perang Dunia II. Dia bahkah pernah bertempur melawan enam pesawat musuh sendirian. Wow banget kan? Ingin tahu fakta-fakta menarik lain dari para pengarang cerita anak? Yuuuk!

1. Enid Blyton, Pengarang Lima Sekawan

Enid-Blyton15
Sumber: Google yang baik hati.

Sebelum Enid Blyton menjadi penulis terkenal Lima Sekawan, orangtuanya menginginkan Enid menjadi pemain piano. Namun, Enid meninggalkan pelajaran musiknya dan berlatih menjadi seorang guru. Saat menulis cerita, Enid bilang bahwa dia tidak pernah merencanakan apa-apa. Dia hanya membiarkan imajinasinya mengalir dengan liar begitu saja. Enid biasanya menulis 10.000 kata perhari! Seumur hidupnya, dia telah menulis lebih dari 600 buku anak, dan buku-bukunya telah terjual lebih dari 600 juta eksemplar!

2. J.M. Barrie, Pengarang Peter Pan

J.M. Barrie
Sumber: Google yang budiman.

J.M. Barrie masih berusia enam tahun saat saudara lelakinya, David, meninggal dunia dalam kecelakaan ice-skating. Kematian itu membuat ibu mereka putus asa. David adalah anak kesayangannya, dan dia meninggal dua hari sebelum ulang tahunnya yang keempat belas. Untuk menghibur ibunya, J.M. Barrie muda memutuskan untuk menggantikan saudaranya. Dia mengenakan pakaian David, berjalan dengan gaya berjalannya David, dan bahkan dia belajar cara bersiul David. Ibu J.M. Barrie akhirnya bisa mengatasi depresinya, tapi bukan karena perilaku aneh Barrie. Ibunya menghibur dirinya sendiri dengan keyakinan bahwa David akan tetap bersamanya selama-lamanya sebagai anak laki-laki yang tidak akan pernah tumbuh dewasa. J.M. Barrie sangat menyukai gagasan tersebut sehingga akhirnya dia menciptakan sebuah cerita legendaris sepanjang masa: Peter Pan.

Baca juga:

3. C.S. Lewis, Pengarang The Chronicles of Narnia

Saat menulis versi pertama The Lion, The Witch, and The Wardrobe (bagian pertama dari The Chronicles of Narnia), Lewis menunjukkannya kepada teman-temannya. Ternyata, mereka mengkritik naskah tersebut. Tanpa pikir panjang, Lewis segera menghancurkan naskah itu dan dia menulis ulang dari nol.

4. Roald Dahl, Pengarang Charlie and The Chocolate Factory

Sebelum menjadi pengarang cerita anak legendaris, Roald Dahl adalah pilot pesawat tempur pada saat Perang Dunia II. Dia pernah bertempur melawan enam pesawat musuh sendirian. Bahkan, dia pernah membuat dua puluh pesawat Jerman berakhir menjadi tumpukan sampah logam berasap yang tidak berguna. Pada 1940, dalam salah satu misi penerbangannya, Roald Dahl jatuh di padang pasir karena dia telah diberi tahu arah yang salah. Untungnya dia selamat, sehingga kita bisa membaca karya-karyanya yang sangat menakjubkan.

Baca juga:

5. H.C. Andersen, Pengarang dongeng The Ugly Duckling

hcandersen1846
Sumber: Google yang baik.

Siapa yang tidak mengenal pengarang dongeng ini? Nama H.C. Andersen begitu mendunia karena karya-karya dongeng anaknya. Namun, tahukah kalian, bahwa pada awalnya kisah-kisah dongeng H.C. Andersen tidak terkenal? Butuh waktu hampir 10 tahun sebelum akhirnya semua dongeng-dongengnya diterima dengan baik oleh anak-anak dan orangtua. Karya-karyanya terjual habis. Andersen berusia 30-an tahun saat dia menulis dongeng-dongengnya, tapi semuanya tidak ada yang berhasil sampai akhirnya dia berusia 40-an tahun. Jadi, kalau kamu merasa belum sukses-sukses dalam menulis cerita anak, mudah-mudahan kisah H.C. Andersen ini bisa kamu jadikan sebagai penyemangat kamu.

Sekian.[]

Jack Ma dan Hal Nyentrik yang Tak Mungkin Dilakukan Pebisnis Lainnya

05/09/2018

5 Permen & Cokelat Dari Pabrik Willy Wonka, Ternyata Ada Di Dunia Nyata!

05/09/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *