Winnie the Pooh-web

My Friends Tigger and Pooh adalah salah satu film animasi yang masih menjadi primadona di saluran televisi Disney Channel saat ini, atau lebih dari 50 tahun setelah kisah klasik Winnie the Pooh muncul pertama kali, pada tahun 1960.

Tak perlu menunggu lama bagi  Walt Disney untuk segera membeli hak cipta Winnie the Pooh dari Daphne, istri mendiang A.A. Milne, sang penulis, pada tahun 1961. Disney sudah tahu akan potensi  keuntungan dari sang beruang lucu.

Nyatanya,  Disney Corp. memang terus meraup keuntungan besar dari  pelbagai produksi film kartun Winnie the Pooh.  Proses produksi memang memang memakan waktu yang tak sebentar. Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk membuat produksi sebuah film panjang.  Maka Disney merintisnya dengan produksi film pendek Winnie the Pooh yang mulai beredar di bioskop akhir tahun 1968-1969.

Produksi film layar lebar kisah tiga sekawan Pooh, Piglet, dan Tigger baru bisa diproduksi tahun 1977 dalam film berjudul The Adventures of Winnie the Pooh.  Produksi pun dipercepat dengan mengadaptasi karya A.A. Milne menjadi dua serial  televisi, Welcome to Pooh Corner  dan The New Adventures of Winnie The Pooh pada tahun 80-an.

Produksi terus berlanjut hingga tahun 2000an, dengan munculnya The Tigger Movie, Piglet’s Big Movie, Poowinnie the poohh’s Heffalump Movie, dan seri My Friends Tigger & Pooh.  Belum lagi produksi untuk DVD. Semuanya memberi keuntungan melimpah, menyaingi produksi film dan merchandise karakter terfavorit Disney, Mickey Mouse.  Menurut Forbes, Disney mendapatkan keuntungan sebesar $5,6 miliar dari produksi Winnie the Pooh, dan $5,8 miliar dari produksi  Mickey Mouse.

Bagaimana dengan bukunya?

Lebih dari 50 negara sudah menerbitkan Winnie the Pooh, tak terkecuali negara-negara di  Afrika, Ceko, dan Finlandia.  Yang paling mengesankan, Winnie the Pooh dalam bahasa latin Winnie Ille Pu,adalah satu-satunya buku berbahasa latin yang pernah masuk list buku terlaris di New York Times best-seller.  Terjual sebanyak 125.000 eksemplar, Winnie Ille Pu bertahan 20 mingggu  di New York Times best-seller. [rst]