Tips Mengatur Koleksi Buku

Sobat Noura, siapa di sini yang koleksi buku di rumahnya berjumlah puluhan atau bahkan ratusan?

Kalian suka merasa pusing nggak sih mengatur buku buku kalian supaya tetap rapi dan nggak berceceran di mana-mana? Well, kalau kamu ngerasa buku-buku kamu di rumah berantakannya semakin mengganggu aktivitas di rumah, percayalah kamu nggak sendirian. Masalah seperti ini pasti dialami oleh banyak maniak buku di luar sana. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dalam mengatur koleksi buku yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Klasifikasikan buku berdasarkan jenisnya. Kamu tidak perlu mengatur buku sampai level perpustakaan sih, cukup pisahkan sesuai jenisnya saja. Misalnya, ada bagian komik, bagian novel remaja, novel romantis, novel fantasi, buku agama, dan seterusnya, dan sebagainya.

2. Catat dan beri nomor semua judul buku berikut nama penulisnya. Nah, ini bagian yang penting nih, inventarisasi. Berapa sering buku kamu raib secara misterius? Mengingat jumlah mantan saja sering salah hitung, apalagi mengingat jumlah koleksi buku yang sedemikian banyak? 😀

Baca Juga Menulis, Mengamati, Mengulas

Sederhananya, tulis saja judul buku dan nama penulis, lalu beri nomor sesuai kategori.  Misalnya untuk komik diberi kode “A”, novel remaja diberi kode “B”.  Jadi koleksi komik kamu nomornya A1, A2, A3, A4, dan seterusnya.  Sedangkan novel remaja kamu nomornya B1, B2, B3, B4, begitu seterusnya.

Cukup mudah bukan? Kalau mau lebih rapi lagi, kamu bisa tempelkan label nomor itu di punggung buku agar semakin mudah dikelompokkan.

3. Susun koleksi buku sesuai urutan di dalam rak. Semakin kamu patuh dengan pengurutan buku, semakin mudah kamu menemukan buku tersebut saat dibutuhkan.  Dengan begini, kalau ada buku yang tidak tersimpan pada tempatnya kamu bisa langsung mengetahuinya.

4. Catat semua koleksi buku yang akan dipinjam dalam dokumen khusus. Nah ini alasan paling umum dalam misteri raibnya buku buku kamu.  Memang betul, suatu kesia-siaan besar kalau buku cuma jadi pajangan tanpa ada yang membaca. Jadi kalau ada teman-teman yang mau pinjam tentu saja itu hal yang bagus.  Tapi, kamu juga harus menanamkan rasa tanggung jawab terhadap siapa pun yang akan meminjam buku kamu. Karena buku itu investasi jangka panjang.  Minimal dengan mencatat, kamu tahu persis buku apa yang sedang dipinjam, siapa yang meminjam, dan sudah dikembalikan atau belum.

Nah, itu tadi tips sederhana mengatur koleksi buku kamu di rumah.  Atau mungkin sobat Noura punya tips tambahan yang mau di-share di sini?

Hay-on-Wye: Surga Buku di Perbatasan Inggris

25/02/2016

Mengapa Vegan Bisa Berumur Panjang?

25/02/2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *