Adam Grant 1

Di dunia manajemen, nama Adam Grant kian dikenal luas. Grant, profesor muda, staf pengajar di Wharton School of University of Pensylvania, AS, sudah menulis tiga buku manajemen, Option B: Facing Adversity, Building Resilience, and Finding Joy (2017), Originals: How Non-Conformists Move the World (2016), dan Give and Take: Why Helping Others Drives Our Success (2013).

Dalam  Originals: How Non-Conformists Move the World, yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Originals: Tabrak Aturan, Jadilah Pemenang, Grant mengemukakan sejumlah teori mencengangkan, antara lain:

  • Pegawai penjualan yang menggunakan browser  Firefox atau Chrome lebih sukses daripada yang menggunakan Interner Explorer atau Safari.
  • Ilmuwan pemenang Nobel cenderung menyukai bidang seni dibanding ilmuwan lain yang kurang berprestasi.

Dalam sebuah wawancara, Adam Grant menjelaskan teori yang digulirkannya tersebut.

Tentang apa hubungan Chrome atau Firefox dan kesuksesan penjualan, Adam Grant menyatakan, tentu saja maksudnya bukan siapa pun yang mengunduh Chrome di komputer mereka akan langsung sukses menjalankan bisnis begitu saja. Maksudnya adalah, Chrome dan Firefox belum terinstal di komputer, orang harus menginstalnya sendiri. Berbeda dengan Safari atau Internet Explorer yang sudah ada di program bawaan setiap komputer. Orang bisa saja langsung memanfaatkan Safari atau IE untuk bekerja, tetapi bisa juga mencari browser lain sebagai alternatif, yaitu Firefox dan Chrome. Orang-orang yang mau repot untuk urusan seperti ini, biasanya akan lebih berani dalam bertindak.  Keberanian itulah yang membuatnya sukses.

Tentang kaitan pemenang Nobel dan seni, Grant menjelasakan bahwa Galileo, sang penemu teleskop adalah seniman, pelukis. Dialah yang pertama menemukan spot gunung di bulan lewat teleskop.  Padahal, ilmuwan lain pun sudah melihat spot yang sama, tanpa menyadari bahwa yang mereka lihat itu adalah gunung. Galileo, karena terbiasa meluki, bisa mengenal pola yang dilihatnya di bulan sebagai gunung. Dengan demikian, siapa pun yang punya hobi seni, tanpa disadari akan mendapatkan manfaat dari hobinya itu dalam pekerjaannya.

Sangat banyak hal yang dikemukakan Adam Grant dalam Originals: Tabrak Aturan, Jadilah Pemenang. Bersiaplah untuk menambah banyak ilmu dari buku ini. [rst]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>