AUTHOR - SANDERSON

Salah satu penulis novel genre fantasi  yang disegani adalah Brandon Sanderson. Produktivitasnya telah menghasilkan sejumlah novel  yang menyabet pelbagai penghargaan literasi.  Brandon Sanderson juga memikat editor seri The Wheel of Time, untuk menulis seri terakhir novel  fenomenal tersebut sepeninggal Robert Jordan. Seri terakhir itu berjudul A Memory of Light.

Sanderson adalah penulis yang juga dosen mata kuliah Penulisan Kreatif di Brigham Young University, AS. Sebagai penulis dari jalur pendidikan formal, Sanderson membagikan ilmu penulisan kreatif di luar bangku kuliah dengan mengemukakan sebuah teori yang dinamakan Sanderson’s Three Laws of Magics.  Sejumlah penulis mengakui teori dari Sanderson itu banyak membantu mereka menulis lebih baik.

Hukum Magic Sanderson yang pertama mengatakan, “Kemampuan penulis mengurai konflik menggunakan sihir secara memuaskan berbanding lurus dengan kemampuan pembaca memahami dengan baik sihir yang dikemukakan.” Karena hukum yang pertama ini khusus dirancang untuk fantasi sihir, hukum ini berlaku untuk novel fantasi, dan bisa diaplikasikan pula dalam novel fiksi ilmiah.

Hukum yang kedua mengatakan, “Keterbatasan>Kekuatan”, artinya kelemahan satu tokoh akan lebih menarik daripada kecakapannya. Contoh untuk hukum kedua ini adalah tokoh Superman. Kisah akan lebih menarik ketika  Superman dalam situasi lemah, dan kehilangan kekuatan.

Dan hukum ketiga  adalah “Kembangkan yang sudah ada sebelum menambahkan hal baru dalam tulisan.” Melalui hukum yang terakhir ini, Sanderson menganjurkan penulis menggali cerita lebih dalam dengan membangun kata-kata, bukan memperlebar cerita. Sihir yang baik  bisa dikaitkan dengan beberapa hal: ekologi, teknologi, ekonomi, perang, atau politik pada masyarakat dalam cerita yang ditulis.

Menulis novel fantasi sejak tahun 2005, belakangan Sanderson  merambah genre dystopia. Karyanya adalah Steelheart (2013), Fireflight (2015), dan Calamity (2016), yang merupakan novel serial Reckoner’s Trilogy. Karyanya ini tak lagi menampilkan kekuatan sihir, atau teknologi fantastis, tapi bicara tentang  era baru kehidupan manusia yang terpecah karena kekuatan super sebagian masyarakat mengancam hidup sebagian lainnya. Ketiga novel tersebut sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. [rst]