Saat Leonardo DiCaprio Harus Makan Hati Bison Mentah

Ruang Baca-Saat Leonardo DiCaprio Harus Makan Hati Bison Mentah
Ruang Baca-Saat Leonardo DiCaprio Harus Makan Hati Bison Mentah

Beberapa Fakta Seputar The Revenant

Sempat menonton film The Revenant? Atau kalau tidak sempat karena filmnya memang diputar di bioskop-bioskop Indonesia hanya dalam waktu singkat, sudahkah membaca bukunya yang ditulis Michael Punke?

Leonardo DiCaprio
Leonardo DiCaprio berperan sebagai Hugh Glass.

Baik melalui film ataupun bukunya, kisah The Revenant memang layak disimak, apalagi kalau kita sedang mengalami saat-saat tak menyenangkan. Bukannya kisah itu akan membuat kita jadi gembira. Namun setidaknya, mengetahui apa yang dialami Hugh Glass—tokoh utama The Revenant—akan membuat kita lebih menghargai keadaan kita yang tak seburuk kisah Glass.

Sederhana saja misalnya, saat mendapati steak yang dihidangkan di hadapan Anda tak seenak harapan, bayangkan bahwa Glass harus makan hati bison mentah demi bisa bertahan hidup. Dan dalam film, Leonardo DiCaprio (yang meraih Golden Globe dan Oscar sebagai pemeran pria terbaik dalam perannya sebagai Glass), benar-benar harus memakan hati bison mentah sungguhan—padahal dia seorang vegetarian!

Novel The Revenant.

Menurut pakar alam liar Ray Mears, hati hewan mentah memang memberikan sejumlah besar asam amino yang dapat mencegah kita dari mati kelaparan. Hati hewan mentah juga banyak mengandung darah, sedangkan darah mengandung karbohidrat yang mampu menjaga tubuh tetap hangat. Tentu saja, semua ini hanya layak kita lakukan dalam keadaan darurat, ketika dihadapkan pada pilihan hidup atau mati.

Hal menarik lain terkait bertahan di alam liar yang kita temui dalam cerita The Revenant adalah ketika Glass harus melawan musim dingin yang menggigil. Di film, tokoh yang kemudian jadi salah satu legenda Amerika itu mencoba tidur di dalam tubuh kudanya yang mati. Padahal menurut Mears, tubuh kuda tak cukup hangat untuk dapat melindungi manusia dari musim dingin yang kejam. Apa yang disajikan dalam film garapan sutradara kenamaan Alejandro Gonzales Inaritu tersebut memang berbeda dengan kisah yang dituliskan Michael Punke dalam novel The Revenant. Di dalam novel Hugh Glass menghangatkan dirinya dengan… Ah, lebih baik Anda baca sendiri saja ya. [pn]

The Bliss Bakery Trilogy #1: Bliss

12/04/2016

Bahlul Mengajari Guru Sufi

12/04/2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *