HOUSE

“Saya akan sengsara jika punya rumah sendiri tapi tidak punya perpustakan yang memadai.” –Jane Austen

 

Terletak di desa kecil di Chawton, Hampshire, rumah peninggalan salah satu penulis yang paling dicintai di Inggris ini, dijadikan museum sejak Juli 1949. Di rumah itulah Jane Austen menulis tiga novel klasiknya, Mansfield Park, Emma, dan Persuasion. Sebelumnya, saat pindah ke Chawton, Jane Austen diyakini membawa draf dan melakukan revisi tiga novel yang lebih dulu ditulisnya, Sense and Sensibility, Pride and Prejudice, dan Northanger Abbey.

northanger abbeypersuasion

Jane Austen  tinggal di Chawton bersama ibunda dan saudara perempuannya, Cassandra, sejak 7 Juli 1809 hingga Mei 1817. Austen pindah dari Chawton karena alasan kesehatan, sedangkan sang ibu dan saudaranya terus menempati rumah tempat Austen pernah berkarya.

Sejak dibuka sebagai museum, hingga kini turis yang mengunjungi museum Jane Austen rata-rata mencapai 30.000 orang per tahun.  Museum tersebut memang dikelola dengan baik oleh sebuah badan amal resmi, yang beritikad untuk “Memajukan pendidikan khususnya sastra Inggris melalui karya-karya Jane Austen”

Selain perabot rumah asli milik keluarga Austen, museum itu menyimpan enam buku musik milik pribadi Jane Austen, serta tiga macam perhiasan koleksi sang penulis. Salah satu perhiasan pernah terjual pada lelang tahun 2013 kepada penyanyi AS, Kelly Clarkson. Tapi cincin Jane Austen sudah kembali lagi ke tempatnya setahun kemudian dengan bantuan dana dari seorang donatur rahasia. Barang yang paling berharga adalah manuskrip asli novel karya Austen, serta edisi pertama novel-novelnya yang masih terjaga.

Karena merupakan rumah-museum, pengunjung bisa menyewanya sebagai tempat istirahat, atau tempat pelatihan-pelatihan. Sejumlah acara rutin digelar di museum, entah itu mengenang karya sang penulis, atau pelatihan dan pengembangan bakat penulis baru. Kadang digelar pula pertunjukan musik menggunakan alat musik kuno milik keluarga Austen, serta pentas drama novel-novel Austen. Pengunjung museum juga diijinkan berfoto dan meninjau dapur klasik era  tahun 1800an di rumah berkebun luas dan indah. Museum dibuka sepanjang tahun kecuali 24-26 Desember. [rst]

instagram.comjaneaustenshousemuseum (1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>