Uncle Rick Banting Setir dari Guru Menjadi Penulis Novel

Tidak semua penulis menyimpan mimpi dan bercita-cita menjadi penulis terkenal. Penulis bisa saja seperti  sebuah ‘kecelakaan’ profesi. Itulah yang dialami Russel Richard ‘Rick’ Riordan.  Bertahun-tahun mengajar dan menikmati profesinya, akhirnya Rick meninggalkan murid-muridnya karena mengejar deadline tulisan untuk novel-novelnya.

Rick Riordan, semula mengajar  Mitologi Yunani di sekolah di San Antonia, California, AS.  Sebagai seorang ayah, dia juga sering bercerita tentang kisah mitologi Yunani kepada putranya. Sang anak sangat menyukai cerita yang berulang-ulang diceritakan Riordan hingga akhirnya merasa bosan dengan kisah yang ‘itu-itu’ saja. Diajukannya ide agar ayahnya merekayasa kisah para dewa dewi yang berinteraksi dengan kehidupan masa kini. Rick menerima tantangan itu.

Ide dari sang anak akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya novel-novel fantasi yang merebut hati pembaca dunia. Serial Percy Jackson and The Olympians adalah novel best seller yang berhasil melambungkan nama RickInilah kisah yang idenya dimunculkan sang anak, di mana tokoh utama Percy Jackson digambarkan sebaya dengan putra Rick. Percy Jackson, manusia setengah dewa yang merupakan putra Dewa Poseidon di kehidupan masa kini, harus menghadapi pelbagai kasus yang sarat dengan aroma fantasi. Novel ini berhasil membuat remaja dan pembaca umum jatuh cinta pada tema fantasi berbau Mitologi Yunani.

Box Set Percy Jackson

Kesuksesan Percy Jackson and The Olympians disusul dengan lahirnya serial sejenis berlatar belakang Mitologi Mesir, The Kane Chronicles. Seri ini terdiri dari The Red Pyramid, The Throne of Firedan The Serpent’s ShadowSelanjutnya, Rick memunculkan kisah tiga manusia setengah dewa yang bertualang di dunia masa kini dalam seri The Heroes of Olympus. Seri ini terdiri dari The Lost Hero, The Son of Neptune, The Mark of Athena, The House of Hades, dan The Blood of OlympusAdapun seri novel terbarunya yang kembali berlatar mitologi Yunani  terbit di tahun 2016 berjudul The Trials of Apollo.  Rencananya seri ini akan terdiri dari lima judul. Buku pertama seri The Trials of Apollo, sudah diterbitkan di Indonesia.  Dengan berjalannya waktu, dalam The Trials of Apollo, Percy Jackson  dikisahkan bukan remaja 12 tahun lagi.

Apakah Rick Riordan hanya menulis novel remaja? Tidak, sebelum serial Percy Jackson, dia menulis novel fantasi untuk kategori dewasa berjudul Tres Navvares. Puluhan novel lainnya juga telah beredar sebagai bukti produktifitasnya setelah meninggalkan profesi guru. [rst]