95863366

Dalam sebuah acara pembukaan  perpustakaan anak di Inggris, Pangeran William mengatakan keluarga kecilnya suka sekali mendengar dongeng nina bobo sebelum tidur. Pangeran George dan Puteri Charlotte paling suka dibacakan buku anak berjudul Gruffalo. Buku bergambar karya Julia Donaldson dan Axel Scheffler (ilustrator) ini berkisah  tentang seekor tikus yang  bersahabat dengan Grufallo, binatang perpaduan seekor beruang dan kerbau (buffalo). Tikus itu mengarang cerita Gruffalo agar tak dimangsa binatang buas di hutan.

Selain sebagai dongeng sebelum tidur, kedua pewaris kerajaan itu sering mendengarkan audiobook Gruffalo dalam perjalanan yang dibacakan oleh aktris senior Inggris,  Imelda Staunton.

Gruffalo adalah buku anak yang terbit tahun 1999,  salah satu buku anak best seller di Inggris.  Kisah tikus dan Gruffalo masih dibaca anak-anak di Inggris dan dinobatkan sebagai dongeng nina bobo terbaik. Film pendek Gruffalo juga masuk nominasi Oscar.  Dalam sebuah wawancara, Pangeran William sendiri mengaku Gruffalo adalah salah satu buku favoritnya. Sehingga ada yang mengatakan Gruffalo adalah bacaan untuk calon raja. Kepopuleran Gruffalo pun terus bertambah.

Ayah dan anak punya buku favorit yang sama, menarik bukan? Adakah yang  punya pengalaman seperti itu? Buku favorit masa kecil Anda dibacakan kepada anak, dan dia menyukainya? Wow, pasti menyenangkan. Dongeng favorit itu mungkin tentang si Malin Kundang atau Sangkuriang? Atau buku-buku cerita anak yang sekarang banyak beredar? Daftar judul buku yang direkomendasikan The Read-Aloud Handbook untuk dibacakan pada anak bisa dilihat di Daftar Buku Rekomendasi Read Aloud.

Sebagai tambahan referensi  untuk menghubungkan kenangan masa lalu orang tua pada tahun 90-an dan anak-anak pada masa kini, adalah buku-buku karya Suyadi atau lebih akrab dikenal sebagai Pak Raden—salah satu karakter penting dalam film boneka Si Unyil.  Ada beberapa buku anak karya Pak Raden yang kembali terbit tahun 2017. Buku bergambar dengan sampul tebal dan ilustrasi asli karya Pak Raden bisa menjadi buku nina bobo yang seru. Ceritanya lucu dan menghibur tetapi memiliki pesan tentang kebaikan, seperti dalam kisah Pedagang Peci Kecurian dan Seribu Kucing untuk Kakek. [rst]