Percy Greek Gods

Sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekokah Amerika Serikat dan homeschooling, Mitologi Yunani dibaca anak-anak usia sekolah, termasuk tingkat sekolah dasar. Buku-buku tentang mitologi banyak diterbitkan, baik sebagai buku umum, maupun sebagai buku pegangan siswa dan panduan untuk guru.

National Geographic adalah salah satu pihak yang menerbitkan Mitologi Yunani sebagai buku pelajaran. Menerbitkannya dalam edisi eksklusif bersampul tebal, Natgeo memilih penulis terkenal Donna Jo Napoli dan ilustrator kawakan Christina Balit dalam tim.

Mengapa Mitologi diajarkan di sekolah? Setidaknya ada lima alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Mitologi Yunani mengajarkan kebajikan

Cerita klasik dalam mitologi Yunani secara jelas membedakan kebaikan dan keburukan, sehingga anak kecil pun bisa memetik hikmah tentang kejujuran, kebijakan, ketabahan, dan keadilan.

  1. Menjelaskan siapa pahlawan dan penjahat

Karakter kepahlawanan, misalnya, dengan jelas ditampilkan dalam sosok Heracles (Hercules, dalam Mitologi Romawi), yang berani.  Sedangkan karakter buruk misalnya dikisahkan dalam sosok Medusa, yang wujudnya pun mengerikan.

hercules
Hercules alias Heracles melawan monster Hydra
  1. Pelajaran tentang tabiat manusia

Dalam beberapa kasus di masyarakat atau keluarga, yang menghadapi permusuhan, perselisihan, atau pun keharmonisan, semuanya bisa dikaitkan dengan kisah dalam Mitologi Yunani.

  1. Membantu pemahaman akan karya-karya sastra

Anak-anak akan lebih mudah memahami karya sastra klasik  setelah beranjak dewasa. Frankenstein karya Mary Shelley misalnya, adalah penokohan dewa Prometheus. Atau karya C.S. Lewis, Til We Have Faces, adalah reka kisah Cupid dan Pysche. Harry Potter pun tak lepas dari mitologi Yunani.

  1. Memahami kaitannya dalam ilmu pengetahuan dan hal-hal lain dalam kehidupan sehari-hari

Ilmu astronomi sangat erat kaitannya dengan mitologi Yunani. Banyak istilah  dan nama-nama benda penting diambil dari mitologi Yunani, dari iptek sampai tempat wisata. Pesawat luar angkasa Apollo, kapal laut Calypso, unsur kimia niobium, dan Air Terjun Iris di Yellowstone National Park, adalah sejumlah contoh. Belum lagi istilah kotak Pandora, atau sentuhan Midas, dan banyak lainnya. Semuanya takkan dipahami jika tidak pernah membaca kisah-kisah dalam Mitologi Yunani dalam buku pelajaran, atau dalam novel mitologi semacam Trials of Apollo atau serial Percy Jackson lain misalnya. [rst]