ayam bakar bertelur

Membacakan cerita adalah langkah efektif untuk menyampaikan pesan positif, misalnya seperti kisah berikut ini:

Pada suatu ketika, Bahlul, seorang alim yang berpenampilan seperti orang gila,  ikut bermain dengan anak-anak.  Dia kemudian diajak membuat rumah dari tanah. Bahlul menggali tanah dengan tangannya untuk membangun rumah-rumahan. Kebetulan istri penguasa Harun Al-Rasyid, Zubaidah, lewat dan melihat Bahlul mendirikan rumah-rumahan bersama anak-anak.  Zubaidah iba melihatnya.  Sejak lama, Zubaidah ingin menolong dengan cara membagi hartanya dengan Bahlul, yang dikenalnya sebagai orang shalih.

Zubaidah menghampiri Bahlul dan berkata, “Alangkah indah dan megah rumah ini, bagaikan istana. Akankah engkau menjualnya padaku?”

Karena mengetahui Zubaidah mengagumi rumahnya, Bahlul sepakat menjualnya dengan harga seribu dinar.  Zubaidah langsung membayarnya dan merasa senang karena telah memberi bantuan uang kepada Bahlul.  Tapi rupanya Bahlul yang dermawan, langsung membagikan uang seribu dinar kepada semua orang miskin hingga semuanya habis.

Malamnya suami Zubaidah bermimpi melihat pintu masuk surga, tapi dia tak bisa memasukinya.  Mimpinya segera ditakwilkan, dan Harun Al-Rasyid diperintahkan peramal mimpi untuk mengikuti jejak kebaikan Zubaidah agar bisa masuk surga dan tinggal di istana. Dia bertanya kepada Zubaidah. Setelah tahu jawabannya, Harun Al-Rasyid langsung menemui Bahlul yang kebetulan sedang bemain membuat rumah-rumahan.

Harun Al-Rasyid mendekati Bahlul dan berkata ingin membeli rumah yang dibangun Bahlul. Harun meminta Bahlul mengatakan harganya.  Bahlul menjawab bahwa rumahnya tak ternilai harganya.  Karena didesak akhirnya Bahlul menjawab harga rumah tersebut senilai seribu kantong emas ditambah kebun luas dan….

Bahlul terus menambah nilainya.

Harun Al-Rasyid marah dan bertanya mengapa Bahlul menawarkan harga lebih mahal dari harga kepada Zuabidah. Bahlul yang tahu mimpi Harun Al-Rasyid menjawab, “Zubaidah membeli rumahku sebelum melihat ganjaran pahalanya, sedangkan engkau mau membeli rumahku karena sudah tahu ganjaran pahalanya dari mimpimu.”


Kisah “Istana di Surga” adalah salah satu kisah dalam Ayam Bakar Bertelur dan Kisah Jenaka Lainnya, bacaan arif untuk anak dan remaja. [rst]