IMG_20170615_105302_738

Salah satu cara terbaik memupuk anak gemar membaca sejak kecil, adalah membacakan cerita kepada mereka sesering mungkin. Kegiatan membacakan buku bermanfaat untuk hidup anak kelak, serta menjadi hiburan menyenangkan. Ada beberapa alasan mengapa orangtua harus membacakan buku bagi anak-anak mereka.

  1. Memahami Anak

Orangtua mungkin khawatir anak tak banyak mengungkapkan perasaannya atau anak menyembunyikan masalahnya sendiri,  membacakan buku pada malam hari akan menjadi saat yang tepat untuk menggali perasaan anak. Pada dasarnya, membacakan buku merupakan kegiatan yang mampu menjalin keakraban orangtua dan anak. Tak ada kegiatan lain yang bisa menggantikannya, misalnya nonton TV bersama. Anak perlu dibacakan buku yang tepat, sesuai usia, misalnya pada anak balita, diperkenalkan dengan buku tentang mengungkapkan bermacam perasaan: senang, marah, dll. Pada anak yang belum bisa bicara, kegiatan membaca buku akan membantunya lebih cepat berkata-kata dengan lebih banyak perbendaharaan kata. Selain itu, membacakan buku adalah kesempatan untuk membuka wawasan anak tentang dirinya saat ini dan nanti setelah beranjak besar. Dari sisi pendidikan, orangtua akan mengetahui sisi kelemahan anak. Misalnya anak tidak bisa mengucapkan kata-kata tertentu, sehingga orangtua bisa mengarahkan anak lebih baik.

  1. Menambah Wawasan

Buku adalah sumber pengetahuan bagi anak di segala usia. Disesuaikan dengan tahapan usia anak, buku akan menambah kosa kata anak. Bahaslah kata-kata baru yang baru dikenal anak. Jangan lupa, pilihan jenis buku harus diperhatikan. Buku biografi dan cerita non fiksi lainnya, sama bermanfaatnya dengan buku fiksi atau fantasi. Pilihan bermacan genre buku akan memperluas wawasan anak.

  1. Menumbuhkan Kegemaran Membaca

Kecintaan pada buku akan membantu perkembangan anak. Baik sebagai  hiburan atau pun untuk belajar, kebiasaan membaca sendiri sangat baik  bagi perkembangan anak. Membaca dapat mengurangi tingkat stres, memperluas pengetahuan, menajamkan daya ingat, dan meningkatkan kemampuan belajar. Semua manfaat itu tak akan diperoleh tanpa membiasakan membacakan buku untuk anak sejak mereka kecil.

Jadi, jangan segan membacakan buku. Bukankah banyak pilihan buku anak di luar sana? [rst]