DSC_0129

So please, oh please, we beg, we pray

Go throw your TV set away

And in its place, you can install

A lovely bookshelf on the wall

Itulah puisi berjudul Television karya Roald Dahl. Puisi yang mengajak orang melupakan televisi agar mau banyak membaca buku.

Sebenarnya, masalahnya bukan televisi atau sosial media. Gairah membaca buku terletak pada diri kita sendiri. Kuncinya adalah jangan menganggap membaca sebagai hal berharga yang harus dikondisikan waktu dan tempatnya. Untuk bisa membaca 2-3 buku seminggu, atau lebih dari seratus buku setahun, inilah kiat dari  Kevin Nguyen dalam www.gq.com:

  1. Jangan membaca sebelum tidur, membacalah sebelum bekerja

Hanya sedikit halaman yang dibaca jika kita membaca sebelum tidur. Sedangkan pada  pagi hari, akan lebih banyak halaman yang kita baca, asalkan kita matikan gadget.

  1. Membacalah di perjalanan

Gunakan waktu untuk membaca di perjalanan ke kantor atau pulang kerja, jika Anda menggunakan transportasi umum.

  1. Membaca di gadget

Bacalah buku lewat ponsel. Anda bisa membawa ponsel ke kamar mandi, ketika mengantre, dan lain-lain sambil tetap membaca buku.

  1. Berhentilah membaca, jika buku yang dipilih tak menarik

Daripada berlama-lama membaca buku yang tidak Anda sukai, lebih baik berhenti membacanya, dan membaca buku lain.

  1. Manfaatkan perpustakaan

Sering-seringlah datang ke perpustakaan.

  1. Baca lebih dari satu judul buku dalam satu waktu.

Pagi hari misalnya Anda membaca Caraval, siang hari membaca Kun Fayakun: Menembus Palestina, di perjalanan pulang kantor membaca Petang Panjang di  Central Park. Bebas saja, semau Anda.

  1. Membacalah ketika jeda iklan televisi

Anda bisa nonton berita TV, sambil membaca Menemukan Soulmate Pilihan Allah, misalnya. Jeda iklan bisa sampai 15 menit dalam satu acara.

  1. Tulis catatan atau ringkasan buku yang sudah dibaca

Buat catatan di ponsel Anda. Catatan ini bisa berguna untuk mengingat misalnya catatan tentang nama-nama dewa sahabat Apollo di The Trials of Apollo.

Dengan kiat di atas,  akan ada dua atau tiga buku yang  dibaca dalam seminggu.  A Head Full of Ghosts dan Tru & Nelle, misalnya, atau mungkin tiga buku dengan Bridge to Terabithia? [rst]