Processed with VSCO with c1 preset

Sebanyak 942 buku dibaca habis seorang anak berusia 10 tahun di Inggris, dalam satu tahun. Setahun kemudian (2015), Faith Jackson menambah daftarnya menjadi 1151 judul buku, yang artinya bertambah lebih dari 200 buku dari tahun sebelumnya.

Awalnya, orangtua Faith kaget karena anak mereka bisa dengan cepat melahap sebuah buku.  Keluarganya kini sudah tak lagi aneh mendengar Faith berteriak, “Tamat satu buku lagi!” Awalnya mereka selalu memuji Faith ketika mengatakan, “Tamat bukunya!”  Tapi karena seringnya mereka mendengar Faith mengatakannya setiap hari, maka, sejak 1 Juli 2013, ibu dan ayah Faith mulai mencatat daftar buku yang dibaca sang putri. Mereka kaget karena di akhir tahun jumlahnya mencapai 272 buku.   Selanjutnya, mereka terus mengikuti perkembangan Faith Jackson, sehingga buku yang selesai dibaca sang anak terdata dengan baik, setiap tahun.

1151 buku setahun artinya  lebih dari 3 buku sehari. Padahal sebelum usia 7 tahun, Faith kesulitan membaca, dan sempat dinyatakan mengidap disleksia. Namun, baik orangtua ataupun pihak sekolah justru tak memaksanya untuk giat berlatih membaca. Akhirnya, Faith bisa membaca juga dan mulai senang memegang buku cerita di mana pun berada. “Dia masuk kamar tidur pada jam 19.30, dan membaca buku, kadang sampai tengah malam. Jika kami tidak mengingatkannya untuk segera tidur, dia mungkin akan membaca semalaman,” ujar Laura Faith, sang ibu.

Kebiasannya membaca ingin ditularkan kepada tiga saudaranya di rumah. Tapi kakak dan adiknya lebih suka mendengarkan Faith menceritakan ringkasan buku yang baru selesai dibacanya. Ketika ditanya apa buku favoritnya, Faith mengaku sulit memilih buku mana yang paling disukainya. Dia memang pernah memilih 20 buku yang disukainya, tapi di antara semua buku tersebut, Faith mengaku paling menyukai Harry Potter seri pertama.

Akankah Faith menulis buku, sejauh ini dia menjawab hanya ingin menjadi pembaca saja dulu.

Nah, kalau Faith Jakcson bisa membaca 1151 buku dalam setahun, berapa lama Anda berani membaca setumpuk buku ini? [rst]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>