a head full of ghosts

Tahukah Anda bahwa versi asli dongeng Snow White, sebenarnya memuat gambaran seram tentang kematian sang ratu jahat ketika sihirnya terkalahkan? Dongeng Cinderella serta Little Mermaid juga memuat hal menakutkan dalam versi aslinya. Tapi belakangan, bagian seram dalam dongeng anak itu telah dihapus, karena dianggap terlalu menakutkan bagi anak-anak.

Banyak orangtua sengaja menjauhkan anak dari bacaan, tontonan di TV, atau film berbau horor. Padahal, cerita seram mengajarkan anak-anak bagaimana berurusan dengan ketakutan yang sesungguhnya.

Cari Romm, ahli di pusat studi ilmiah AS menyatakan, cerita seram dan mimpi buruk adalah latihan untuk menghadapi ketakutan dalam dunia nyata. Sementara menurut ahli social Margee Kerr, cerita seram adalah alat yang bermanfaat untuk mengembangkan sikap percaya diri. Misalkan kita menonton film tentang rumah berhantu. Ketika selesai menontonnya sampai habis, kita akan merasa lega seperti rasa lega telah menyelesaikan sebuah tugas. Hal kecil seperti itu adalah pelajaran bagi anak bahwa ketakutan itu bisa dilewati, dan mereka akan bisa menjadi lebih baik ketika nanti harus menghadapinya.

Namun, bukan berarti orangtua boleh dengan sengaja menakut-nakuti anak-anak. Bukan begitu caranya.  Yang benar adalah, orangtua sebaiknya tak melarang anak-anak membaca buku horor, atau kisah mistis.  Bebaskan saja. Dengan membaca kisah seram, anak-anak akan belajar cara mengatasi rasa takut dalam skala rendah, dan kemudian mereka akan lebih siap menghadapi banyak masalah atau hambatan yang ditemui dalam kehidupan nyata. Mereka butuh cara untuk mengembangkan keberanian dan rasa percaya dirinya sendiri, karena mereka terlahir tanpa dibekali keberanian dan percaya diri.

Adakah penjelasan ilmiah tentang hal ini? Tentu saja. Ternyata, otak yang dirangsang dengan kisah menakutkan akan memproduksi hormon stres (kortisol), hormon adrenalin, dan noradrenalin untuk perlawanan dan penyelamatan diri, serta dopamin yang berkaitan dengan rasa senang.

Pernah menawarkan anak membaca kisah drakula terkenal rekaan Bram Stoker? Tertarik membelikan buku horor untuk anak? Atau Anda sendiri mau membaca buku horor peraih Bram Stoker’s Award tahun lalu,  A Head Full Of Ghosts? Coba saja! [rst]


 

Sumber: www.lifehacker.com

scary tale 1 home sweet horror scary tale 2 i scream you scream scary tale 3 goodnight zombie

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>