head bar artikel web

Pada hari Selasa, 19 April 2016 kemarin, Noura Books menggelar konferensi pers sekaligus peluncuran buku terbaru dari lini Noura Familia yang berjudul “Adik Bayi Datang Dari Mana?: A-Z Pendidikan Seks Usia Dini”. Buku ini merupakan kolaborasi antara dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS & dr. Sonia Wibisono.

Seperti yang sudah kita ketahui, nama dr. Boyke dikenal sebagai seorang ginekolog dan konsultan seks yang sudah berpengalaman selama 35 tahun. Bersama dr. Sonia yang merupakan dokter sekaligus konsultan kesehatan, keduanya menyusun buku panduan singkat tentang pendidikan seks usia dini yang dapat digunakan oleh orangtua dan anak-anak.

DSC_0129Dr. Boyke mengutarakan keprihatinannya mendapati fakta bahwa sedikit lagi Indonesia mungkin saja menyusul Thailand dalam hal jumlah penderita HIV AIDS. Belum lagi kasus pelecehan seksual yang sudah mengancam anak-anak mulai dari tingkatan PAUD dan TK. Beliau menekankan bahwa ancaman terhadap anak-anak menjadi korban pelecehan seksual justru datang dari lingkungan terdekat. Itu sebabnya komunikasi yang baik antara orangtua dan anak perihal pendidikan seks mutlak adanya.

Manajer Redaksi Divisi Umum Noura Books, Suhindrati Shinta, menjelaskan bahwa buku ini memang didesain agar dapat dinikmati oleh orangtua bersama dengan anak. Itu sebabnya di setiap pembahasan dalam buku yang terbagi menjadi 3 bab ini, selain penjelasan untuk orangtua ada pula ilustrasi lucu dengan bahasa sederhana agar mudah dipahami anak. Dr. Boyke dan dr. Sonia yang notabene sudah berkecimpung di dunia
kesehatan saja, masih sering mengalami kesulitan saat harus menjelaskan pada anak-anak mereka hal-hal sederhana terkait seks. Apalagi orangtua yang awam terhadap pendidikan seks? Itu sebabnya mereka berdua meyakini buku “Adik Bayi Datang Dari Mana?: A-Z Pendidikan Seks Usia Dini” bisa menjadi salah satu media yang bermanfaat dalam menyalurkan informasi mengenai pendidikan seks sejak usia dini. DSC_0164

Turut hadir sebagai bintang tamu, Maia Estianty juga memaparkan pengalamannya di masa kecil yang pernah menjadi korban pelecehan seksual. Itu sebabnya, artis sekaligus ibu dari 3 anak ini sangat mendukung pendidikan seks sejak usia dini. Ia juga menekankan kepada anak-anaknya agar mampu menjaga diri dan bertanggung jawab saat berinteraksi dengan teman-teman sepergaulan.

Hampir 100 wartawan memadati Jasmine Room, Gran Mahakam Hotel, Jakarta Selatan. Dr. Boyke secara pribadi meminta bantuan kepada teman-teman media untuk meneruskan pesan mengenai pentingnya kewaspadaan orangtua dalam melindungi anak-anak mereka dari tindakan pelecehan seksual. Semoga dengan diterbitkannya buku “Adik Bayi Datang Dari Mana?: A-Z Pendidikan Seks Usia Dini” dapat membantu orangtua dalam menjalin komunikasi yang baik dengan anak-anak mereka.