Islam Itu Mudah

“Mengapa  menjalankan Islam, menurut Anda adalah hal mudah?” Demikian sebuah pertanyaan yang pernah dilontarkan seorang follower kepada Haidar Bagir, melalui akun twitternya.

Melalui website pribadinya, haidarbagir.com, Haidar menjawab pertanyaan itu. Begini penjelasan dari penulis Belajar Hidup dari Rumi dan buku-buku kearifan lainnya.

Islam agama yang mudah karena firman Allah sendiri telah menjelaskannya, “Allah menghendaki kemudahan, bukan kesukaran bagimu.” (QS Al Baqarah [2]: 185). Rasulullah Saw. juga pernah bersabda, “Jika aku dihadapkan pada dua pilihan (yang sama-sama baik), aku memilih yang lebih mudah.”

Berkaitan dengan kemudahan, dalam sebuah hadits dikisahkan bahwa saat menjalankan ibadah haji, Rasulullah Muhammad Saw. memperhatikan seorang sahabat yang terlihat sangat lelah dan menderita. Ketika beliau bertanya apa sebabnya, sahabat yang lain menyatakan bahwa orang tersebut bernadzar akan beribadah haji dengan berjalan kaki dari Madinah ke Mekkah. Kemudian Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak membutuhkan tindakan penyiksaan diri sendiri, seperti yang dilakukan oleh orang itu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Bukti lain kemudahan dalam menjalankan Islam, kita mengenal adanya anjuran memanfaatkan aspek rukhshah (keringanan dalam praktik beragama). Aspek rukhshah ini terdapat dalam semua praktek ibadah, khususnya bagi mereka yang lemah kondisi tubuhnya atau berada dalam situasi yang tidak leluasa. Misalnya saja dalam menjalankan shalat. Bagi yang tidak kuat shalat berdiri karena sakit, diperbolehkan shalat sambil duduk. Bagi yang tidak kuat sambil duduk, disilakan untuk shalat sambil terbaring. Begitu pula puasa. Bagi yang tidak kuat berpuasa karena berada dalam perjalanan, maka diajurkan untuk berbuka dan mengganti puasanya di hari lain.

Mengenai hak tersebut, Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah suka kalau keringanan-keringanan yang diberikanNya (kepada manusia) dimanfaatkan.” (HR Ahmad).

Demikianlah kemudahan agama yang tentunya lahir dari kasih sayang Allah Swt.

Kalau begitu, apa yang membuat agama terasa sulit? Nouman Ali Khan dalam sebuah ceramahnya mengatakan, yang membuat agama sulit itu adalah diri kita sendiri.  [rst]